Kamis 15 Jun 2023 02:36 WIB

Butuh Berapa Banyak Langkah dalam Sehari untuk Bisa Turunkan Berat Badan?

Panjang langkah seseorang juga menentukan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Jalan kaki (ilustrasi). Rentang jumlah langkah yang masuk kategori aktif bergerak adalah 7.000 hingga 10 ribu langkah.
Foto: www.pixabay.com
Jalan kaki (ilustrasi). Rentang jumlah langkah yang masuk kategori aktif bergerak adalah 7.000 hingga 10 ribu langkah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang pernah mendengar pedoman umum yang menyarankan berjalan 10 ribu langkah sehari untuk menjaga kebugaran. Namun, menurut pakar, jumlah langkah per hari supaya seseorang dianggap aktif bergerak sebenarnya bervariasi.

Ahli diet dan instruktur kebugaran terdaftar Melissa Darlow menyampaikan, rentang jumlah langkah yang masuk kategori aktif bergerak adalah 7.000 hingga 10 ribu langkah. Jumlah yang cukup juga bergantung pada panjang langkah seseorang.

Baca Juga

"Terkadang, angka 10 ribu langkah terkesan seperti sangat banyak. Jika demikian, mulai saja dengan 7.000 langkah sehari," kata perempuan yang berbasis di New York City, Amerika Serikat, itu, dikutip dari laman Women's Health, Rabu (14/6/2023).

Pertanyaan berikutnya, bisakah berjalan 7.000 hingga 10 ribu langkah setiap hari membuat seseorang menurunkan berat badan? Menurut Darlow, sulit untuk menawarkan jawaban pasti untuk pertanyaan ini. Pasalnya, banyak faktor terlibat untuk upaya penurunan berat badan.

 

Faktor itu termasuk asupan nutrisi, intensitas olahraga, waktu tidur, dan lainnya. Namun, Darlow menjelaskan bahwa apabila semua faktor itu dijalankan dengan "benar", kemudian seseorang menambahkan 7.000 hingga 10 ribu langkah per hari, tentunya akan sangat membantu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement