Sabtu 17 Dec 2022 06:45 WIB

Ahli Diet Sebut Teh Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Antioksidan di dalam teh hijau berikan 'keajaiban' bagi tubuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Antioksidan di dalam teh hijau berikan 'keajaiban' bagi tubuh.
Foto: www.freepik.com
Antioksidan di dalam teh hijau berikan 'keajaiban' bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh adalah minuman pagi yang luar biasa karena berbagai faktor. Teh tidak hanya menawarkan rasa yang enak dan menenangkan, tetapi juga dapat membantu menurunkan berat badan. Ada satu jenis teh yang ternyata disebut sebagai 'varietas sempurna' karena manfaatnya, yakni teh hijau.

Lisa Richards, ahli gizi dan pencipta The Candida Diet, dan Trista Best, ahli diet untuk Balance One Suplemen, menjelaskan manfaat teh hijau. Kandungan antioksidan dalam teh ini dapat memberikan keajaiban bagi tubuh, seperti dikutip dari laman Shefinds, Sabtu (17/12/2022).

Baca Juga

Semua jenis teh merupakan pelengkap yang luar biasa dalam pola makan, terutama untuk menurunkan berat badan. Richards mencatat bahwa teh telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai sarana untuk meningkatkan metabolisme.

"Ini fakta bahwa minuman tersebut mengandung senyawa penambah metabolisme yang disebut katekin," ujar Richards.

 

Sementara flavonoid hadir di sebagian besar jenis teh, teh hijau khususnya menawarkan jumlah yang sangat tinggi. Hal itu menjadikannya salah satu pilihan terbaik untuk pinggang yang lebih ramping dan tubuh lebih sehat secara umum. 

Sementara, Best menjelaskan bahwa ketika peradangan berada pada tingkat normal di dalam tubuh, teh hijau dapat berfungsi pada tingkat optimalnya. Artinya, metabolisme akan meningkat karena tidak bekerja melawan peradangan dan kelelahan. 

"Teh hijau bahkan dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh secara alami sebagai akibat dari efek termogenik makanan (TEF) yang lebih tinggi," kata Best.

Tentu saja, tidak ada satu minuman pun yang dapat menghasilkan keajaiban. Akhirnya, penurunan berat badan membutuhkan kerja keras, olahraga, dan diet seimbang. Namun, memasukkan teh hijau kaya antioksidan ke dalam diet harian adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan dan metabolisme.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement