Selasa 05 Jan 2021 00:15 WIB

5 Cara Sederhana Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Penurunan berat badan dalam waktu singkat biasanya tak bisa bertahan lama.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Foto: Cara menurunkan berat badan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Foto: Cara menurunkan berat badan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengikuti tren diet restriksi tertentu mungkin dapat membantu menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Namun, penurunan berat badan dalam waktu singkat biasanya tak bisa bertahan lama.

Dibandingkan hanya terpaku pada tren diet restriksi, mengubah kebiasaan sehari-hari secara konsisten dapat memberikan hasil yang lebih baik. Berikut ini adalah lima kebiasaan yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih baik, seperti dilansir Eating Well, Senin (4/1).

Baca Juga

Catat Kebiasaan

Tak banyak orang yang menyadari seperti apa sebenarnya kebiasaan makan mereka. Untuk mengingat semua makanan yang dikonsumsi di hari sebelumnya pun mungkin akan sulit.

Coba untuk mulai mencatat makanan yang dikonsumsi, olahraga yang dilakukan, hingga air putih yang diminum serta besaran porsi sayur yang dimakan. Manfaatkan aplikasi yang tersedia secara luas untuk melakukan pencatatan ini.

Konsultasi dengan Ahli

Tak ada salahnya untuk meminta panduan dari ahli gizi untuk membuat perubahan dan membangun kebiasaan baru. Bila hanya memantau asupan dan olahraga dari aplikasi, seseorang bisa memiliki pemahaman yang keliru terkait penurunan berat badan. Misalnya, berpikir bahwa mengurangi makan dan memperbanyak olahraga dapat mempercepat penurunan berat badan. Padahal cara ini tak akan bisa sukses bila diterapkan dalam jangka panjang.

Penurunan berat badan pada dasarnya bukan hanya sekedar persamaan matematika. Penurunan berat badan juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor lain di luar perhitungan kalori. Misalnya, faktor hormonal dan metabolisme tubuh. Konsultasi dengan ahli gizi dapat memberikan panduan penurunan berat badan yang lebih sesuai dengan kebutuhan diri sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement