Kamis 24 Nov 2022 12:41 WIB

6 Cara Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Menjaga berat badan ideal merupakan suatu hal yang menantang.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pilah jenis kudapan yang sesuai, sebab mengudap cerdas dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang ideal.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pilah jenis kudapan yang sesuai, sebab mengudap cerdas dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang ideal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim liburan kadang menjadi ujian bagi orang-orang yang sedang menjaga berat badan ideal. Ketika berkunjung ke rumah anggota keluarga, kadang disajikan dengan makanan-makanan yang cukup menggoda.

Sulit untuk mengontrol makanan yang disajikan di depan Anda dan beberapa anggota keluarga Anda mungkin tersinggung jika Anda tidak mencoba apa yang mereka bawa.

Baca Juga

Dilansir dari the manual pada Kamis (24/11/2022), ternyata Anda masih bisa makan semua makanan enak yang Anda sukai. Namun, Anda harus bisa menjaga berat badan tetap stabil. Salah satunya dengan menjaga pola makan dan berolahraga.

Berikut enam cara menjaga berat badan agar tetap ideal yaitu:

Kontrol Porsi Makan

Mempraktikkan kontrol porsi saat ngemil itu menantang karena sangat sulit, jadi bila memungkinkan, hindari sama sekali. Jika Anda benar-benar membutuhkan camilan, cobalah beberapa buah atau keju rendah lemak.

Anda juga harus mencoba makan lebih lambat. Saat Anda makan dengan cepat, tubuh Anda tidak memproses berapa banyak makanan yang Anda makan dan Anda akhirnya makan lebih banyak dari yang sebenarnya Anda butuhkan. Sebaliknya, jika Anda makan lebih lambat, Anda akan memberikan waktu pada tubuh Anda untuk memberi sinyal pada otak bahwa Anda sudah kenyang.

Prioritaskan Protein dan Sayuran

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih menarik, lihat beberapa hidangan utama lain yang mungkin Anda nikmati. Prioritaskan untuk makan sayur dan protein. 

Jangan Minum Soda

Minuman bersoda bisa mengganggu kesehatan Anda dan megandung banyak sekali kalori. Usahakan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya. Selain baik untuk tubuh, Air tidak memiliki kalori sama sekali, tetapi tetap dapat mengisi perut Anda untuk membuat Anda merasa kenyang dan makan lebih sedikit.

Siapkan Makanan Penutup Sendiri

Salah satu godaan terbesar saat musim liburan adalah dessert. Cicipi sedikit saja agar perut tidak penasaran. Lalu, siapkan makanan penutup seperti buah, yogurt sehingga pencernaan Anda lancar dan kenyang lebih lama.

Berolahraga

Mungkin sulit untuk mempertahankan rutinitas olahraga Anda jika Anda bepergian, tetapi ada banyak sekali aktivitas non-gym lain yang dapat Anda lakukan untuk tetap bugar dan mengurangi kalori. Seperti naik sepeda dan berjalan kaki.

Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

Merasa sehat dapat membantu Anda mengatasi stres tetapi terlalu fokus pada kesehatan Anda dapat memperburuk masalah. Jika Anda menimbang badan dan mendapati diri Anda naik beberapa kilogram tidak masalah. Anda dapat mencoba mendorong diri sendiri untuk lebih aktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement