Ahad 11 Dec 2022 05:00 WIB

5 Cara Agar Kenyang Lebih Lama

Kenyang lebih lama bisa menghindarkan dari kebiasaan ngemil.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Makanan sehat (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Makanan sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak sekali orang yang suka ngemil untuk menunda lapar. Namun, sayangnya ngemil adalah kebiasaan buruk bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang sedang mencoba menurunkan berat badan, Anda perlu mencoba untuk tidak makan berlebihan. Jangan khawatir, ada cara yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama sehingga bisa mengindari ngemil

Baca Juga

Dilansir dari eat this pada Kamis (8/12/2022),makan makanan yang tepat dan seimbang sepanjang hari dapat memainkan peran besar dalam membantu Anda merasa lebih kenyang lebih lama.

Berikut tujuh cara untuk membantu tetap kenyang lebih lama:

Makan Lebih Banyak Serat

Mengonsumsi serat adalah cara mudah untuk membuat Anda kenyang lebih lama. Serat serat dicerna lebih lambat daripada nutrisi lain dan karena itu membuatkenyang lebih lama.

Minum Lebih Banyak Air

Minum banyak air tidak hanya penting untuk hidrasi, tetapi juga untuk mengendalikan rasa lapar Anda. Ada dua alasan utama mengapa minum air dapat membantu Anda kenyang lebih lama. Pertama, haus bisa disalahartikan sebagai lapar karena sinyal haus bisa lemah. Kedua, minum air dapat mengaktifkan reseptor peregangan di perut, yang menandakan rasa kenyang ke otak.

Hindari Karbohidrat Putih

Karbohidrat putih diproses dengan cepat oleh tubuh. Akibatnya, karbohidrat putih membuat Anda merasa lapar sesaat setelah makan. Hal ini terutama berlaku untuk hidangan berbasis pasta di mana pasta dibuat dari karbohidrat olahan daripada sumber gandum utuh seperti quinoa atau atau gandum utuh.

Tambahkan Lebih Banyak Protein ke Dalam Makanan

Protein membantu Anda kenyang lebih cepat dan tetap kenyang lebih lama setelah makan. Sebab, protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat. 6.

Konsumsi Lemak Sehat

Makanan seimbang dengan sedikit lemak sehat benar-benar akan membuat Anda merasa puas sepanjang hari. Protein, serat, dan lemak dalam kacang-kacangan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda mungkin akan makan lebih sedikit sepanjang hari. Untuk kenyang lebih lama, makanlah lebih banyak lemak sehat seperti kacang-kacangan dan selai kacang, biji-bijian dan alpukat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement