Ahad 03 Jan 2021 09:57 WIB

Solusi Sulit Bangun Pagi

Sebagian orang membuat resolusi 2021 dengan harapan bisa bangun pagi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Sebagian orang membuat resolusi 2021 dengan harapan bisa bangun pagi (Foto: ilustrasi bangun pagi)
Foto: Womanitely
Sebagian orang membuat resolusi 2021 dengan harapan bisa bangun pagi (Foto: ilustrasi bangun pagi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki 2021, semua orang menuliskan resolusinya masing-masing, salah satunya adalah harus bisa bangun pagi. Sebab, bangun pagi dikaitkan dengan fundamental moral seseorang.

Menurut spesialis tidur berlisensi di Chicago Sleep Center, Claire Kenneally, MD, secara sosial seseorang harus selalu memiliki gagasan tentang 'burung yang bangun awal akan mendapatkan cacing'. Kalimat ini harus ditanamkan walaupun itu belum tentu terjadi pada semua orang.

Baca Juga

“Ini berbicara tentang mengetahui apa yang berhasil untuk tubuh kita,” kata dia.

Kenneally mengatakan, meski sulit bagi sebagian orang, bangun pagi tetap bisa dijalankan. Untuk itu, ia membagikan tips agar bisa bangun pagi, melansir glamour, Ahad (3/1).

1. Memotivasi diri

Bangun lebih awal tidak akan mudah sehingga kita harus berkomitmen untuk menjadikannya kebiasaan jangka panjang. Beberapa hari pertama mungkin akan sulit, namun kita harus bisa memotivasi diri.

2. Ubah jadwal tidur secara bertahap

Jauh lebih mudah untuk memperkuat kebiasaan baru bangun pagi. Itu sebabnya, kita harus memberi waktu tubuh kita untuk beradaptasi secara bertahap. Setidaknya, mulailah untuk bangun lebih awal 15 sampai 30 menit setiap pekan sampai kita mencapai waktu yang diinginkan untuk bangun pagi.

3. Jangan memaksakan waktu tidur lebih awal

Jika kita ingin bangun lebih awal, sebaiknya kita tidur lebih awal. Namun, hal ini tidak bisa dipaksakan. Mencoba hal ini malah akan membuat insomnia. Sebaiknya, buat aktivitas terlebih dahulu sehingga tubuh merasa lelah dan mudah tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement