Jumat 01 Jan 2021 19:42 WIB

Trik Bikin Jagung dan Daging Bakar Jadi Lebih Endeus

Jagung bakar dan daging bakar bisa menjadi lebih enak kalau tepat mengolahnya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Jagung bakar menjadi salah satu kudapan favorit saat tahun baru.
Foto:

Terkait daging bakar, chef Ragil menilai daging yang berkualitas sebenarnya tidak perlu dimarinasi. Penambahan bumbu sederhana seperti garam saja sudah bisa membuat rasanya menjadi enak.

Akan tetapi, untuk daging yang biasa, proses marinasi dapat menambah cita rasa dan keempukan daging bakar. Salah satu marinasi yang direkomendasikan chef Ragil adalah marinasi dengan buah nanas muda.

Untuk membuatnya, cukup blender sedikit nanas muda, air, bawang putih, ketumbar, garam, dan merica. Setelah semua bahan tercampur, masukkan daging sebentar ke dalamnya selama satu sampai dua menit sebelum daging dibakar.

"Kenapa ada nanas? Dia bisa empukin daging," ungkap chef Ragil.

Akan tetapi, chef Ragil mengatakan, daging jangan dimarinasi terlalu lama dengan nanas. Proses marinasi yang terlalu lama dengan nanas justru bisa merusak daging.

photo
Daging bakar. - (Pixabay)

Bila ingin memarinasi daging dalam waktu lama, seperti seharian, chef Ragil lebih menyarankan penggunaan daun pepaya. Caranya, potong-potong daging hingga berukuran agak kecil lalu tusuk seperti sate. Setelah itu, marinasi daging dengan bawang putih, garam, merica, serta sedikit ketumbar kalau suka, lalu dibungkus daun pisang.

"Karena daun pepaya juga mengempukkan daging," tutur chef Ragil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement