Rabu 30 Dec 2020 17:57 WIB

12 Makanan Sehat Kaya Magnesium

Magnesium penting untuk jaga metabolisme tubuh dan kesehatan tulang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Foto: alpukat menjadi salah satu makanan yang kaya akan magnesium
Foto: www.freepik.com
Foto: alpukat menjadi salah satu makanan yang kaya akan magnesium

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika kamu ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, menjaga tulang tetap kuat dan merasa lebih bahagia, maka kamu harus memastikan kebutuhan magnesium terpenuhi. Magnesium bermanfaat menjaga metabolisme tubuh, menghasilkan enzim, menjaga kesehatan tulang, otot, dan jantung serta mengatur produksi hormon melatonin yang membantu mendukung tidur lebih nyenyak.

Kebutuhan magnesium setiap orang berbeda. Untuk usia 19 hingga 30 tahun misal, kebutuhan magnesium per harinya adalah 310 miligram. Jika kamu merasa asupan magnesium harian kurang, mungkin sudah saatnya mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. 

Baca Juga

Melansir laman Popsugar pada Rabu (30/12) berikut 12 makanan yang kaya magnesium.

 

1. Kenari

Kacang kenari mengandung 44 miligram magnesium per ons, juga kaya asam lemak dan serat omega-3. Data menunjukkan bahwa mengonsumsi kenari secara rutin dapat meningkatkan kesehatan usus. Jika kamu mengalami gejala depresi, mengonsumsi kenari juga dapat membantu menenangkannya.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 25 ribu orang, skor depresi secara signifikan menurun di antara mereka yang mengonsumsi kacang seperti kenari.

2. Salmon

Selain kaya omega-3 yang menyehatkan jantung, salmon juga memiliki kandungan magnesium. Saat membeli ikan salmon, pastikan memilih ikan dengan kualitas tinggi dan aman. Cari segel bersertifikat Best Aquaculture Practices (BAP), dan pilih salmon yang dibudidayakan secara lestari yang rendah merkuri, seperti salmon yang dibudidayakan dari Chili.

3. Jus Jeruk

Menenggak segelas jus jeruk di pagi hari akan menambah 27 miligram magnesium, bersama dengan dosis vitamin C dan folat yang sehat. Plus, jus jeruk 100 persen tidak mengandung gula tambahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement