Jumat 18 Dec 2020 19:08 WIB

Viral di TikTok, Plester Hidrokoloid Ampuh Redakan Jerawat

Plester jerawat menjadi viral setelah diunggah pengguna TikTok.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan berjerawat (ilustrasi). Penggunaan plester berbasis hidrokoloid adalah solusi instan yang aman untuk jerawat.
Foto: www.freepik.com
Perempuan berjerawat (ilustrasi). Penggunaan plester berbasis hidrokoloid adalah solusi instan yang aman untuk jerawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan plester hidrokoloid untuk meminimalisir jerawat menjadi viral setelah seorang pengguna TikTok, May Sanders, membagikan pengalamannya. Sejak diunggah, videonya telah dilihat lebih dari 11 juta kali sehingga menginspirasi banyak orang untuk mencoba triknya.

"Kulit saya tidak pernah terlihat sebagus ini," demikian judul pada video Sanders tersebut.

Baca Juga

Ternyata para ahli kulit juga mengamini bahwa penggunaan plester berbasis hidrokoloid adalah solusi instan yang aman untuk jerawat. Menurut dokter kulit yang berbasis di Beverly Hills Dr Onyeka Obioha, hidrokoloid adalah jenis plester yang telah digunakan dalam perawatan luka selama beberapa dekade.

Plester ini juga simpel karena cukup ditempelkan pada jerawat, kemudian ia akan menyerap cairan dan membentuk pertahanan untuk melindungi kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Obioha juga memastikan, plester hidrokoloid aman dan efektif.

“Kabar baiknya adalah hidrokoloid tidak mengandung bahan aktif yang mengiritasi, sehingga dapat ditoleransi untuk semua jenis kulit,” kata dia seperti dilansir dari ABC News pada Jumat (18/12)

Di lain sisi, Obioha memperingatkan bahwa plester ini memang berpotensi menyebabkan iritasi kulit di daerah sekitarnya. Sebagai alternatif Anda bisa memilih acne patch yang berukuran kecil lalu ditempelkan tepat di atas jerawat.  

Melalui unggahan media sosialnya, supermodel Hailey Bieber belum lama ini juga terlihat menggunakan acne patch berbasis hidrokoloid merek Starface. Fungsinya sama dengan yang plester, yakni menyerap cairan, melindungi bintik-bintik dari bakteri luar, dan mencegah pengelupasan kulit.

Direktur Dermatologi di Shafer Clinic Fifth Avenue di New York City Dendy Engelman mengungkap alasan mengapa hidrokoloid bekerja cepat melawan jerawat. Itu lantaran hidrokoloid mampu menyerap eksudat (cairan pada jerawat) dan melindungi jerawat dari faktor eksternal seperti UVA atau UVB, bakteri dan virus.

"Ini benar-benar aman dan efektif membantu pengguna menghilangkan jerawat. Saya suka barang kecil ini. Begitu pula pasien saya,” kata Engelman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement