Kamis 26 Jan 2023 05:00 WIB

Menyimpan Gelas dalam Posisi Terbalik, Apa Bahayanya?

Akun @bs.hidden.secrets mendemonstrasikan bahaya simpan gelas dalam kondisi terbalik.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Gelas. Menyimpan gelas secara terbalik disebut berbahaya.
Foto: Pixabay
Gelas. Menyimpan gelas secara terbalik disebut berbahaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah dicuci, bagaimana Anda menyimpan gelas di rak piring? Apakah Anda menyimpannya secara terbalik? Apakah berbahaya menyimpan gelas terbalik?

Akun TikTok Bs Hidden Secrets @bs.hidden.secrets membuat satu video pendek yang menggemparkan internet. Dalam video pendek TikTok yang telah ditonton lebih dari 3,6 juta kali itu, Bs Hidden Secrets menjelaskan ilmu di balik menyimpan gelas minum secara terbalik.

Baca Juga

Menurut pemilik akun, menyimpan gelas secara terbalik berbahaya. Dia pun menyerukan orang-orang untuk mengubah kebiasaan menempatkan gelas seperti ini.

''Pinggiran kaca adalah bagian yang paling rapuh. Ketika Anda meletakkannya terbalik, bagian itu akan menopang berat seluruh gelas," kata pemilik akun @bs.hidden.secrets seraya mendemonstrasikannya dalam video tersebut.

 

Menurut @bs.hidden.secrets, lama-kelamaan gelas akan cenderung pecah. Hal ini dibenarkan oleh pakar lain, Kaye Wagner, dari Home Steady.

''Beberapa gelas minum memiliki pinggiran yang sangat tipis yang tidak dimaksudkan untuk menahan seluruh berat gelas,'' ujar Wagner, seperti dilansir laman The Sun, Rabu (25/1/2023).

Wagner mengingatkan menyimpan gelas secara terbalik akan memberikan tekanan yang tidak semestinya pada bibir gelas dan pada akhirnya dapat merusak gelas minum. Dia juga menunjukkan berbagai alasan beberapa keluarga mungkin lebih suka menggunakan metode terbalik, seperti mencegah debu mengendap di dalam gelas serta memastikan serangga tidak menjadikan gelas sebagai rumah barunya.

Video tersebut, meskipun ditonton oleh jutaan orang dan disukai hampir 130 ribu kali, membuat banyak orang skeptis. Padahal, ahli juga telah mengklaim bahwa menyimpan gelas secara terbalik akan menyebabkan kerusakan seiring berjalannya waktu.

Hanya saja, pemirsa yang kritis menyebut bahwa ini tidak pernah terjadi seumur hidup mereka. "Sepanjang hidup saya dan saya berusia 50 tahun, saya telah melakukan ini tidak pernah bermasalah dengan gelas pecah, kecuali saya menjatuhkannya," komentar satu orang.

"Orang tua saya pasti memiliki gelas terkuat di dunia. Gelas mereka bertahan setidaknya 30 tahun," kata pengikut @bs.hidden.secrets yang lain.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement