Rabu 11 Jan 2023 08:37 WIB

Rata-Rata Orang Dewasa Hanya Minum Air Putih 4 Gelas per Hari, Lebih Suka Teh dan Kopi

Kebiasaan minum air putih orang dewasa ini dianggap mencemaskan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Rata-rata orang dewasa hanya minum empat gelas air putih dalam sehari. (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Rata-rata orang dewasa hanya minum empat gelas air putih dalam sehari. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi yang dilakukan OnePoll mengungkapkan, rata-rata orang hanya minum empat gelas air putih dalam sehari. Penelitian dilakukan terhadap 2.000 orang dewasa di Inggris, menunjukkan konsumsi air harian responden hanya sebanyak 740 mililiter.

Kondisi itu dianggap mencemaskan sebab kurang dari setengah jumlah harian yang direkomendasikan yaitu delapan gelas cairan per hari (dua liter). Alih-alih air putih, sejumlah 24 persen responden memilih terhidrasi dengan minum teh, sementara 20 persen lebih suka minum kopi.  

Baca Juga

Hampir dua pertiga responden (64 persen) sadar harus minum lebih banyak air daripada kebiasaannya saat ini, sementara 49 persen mengaku sering lupa minum sepanjang hari. Penelitian juga menemukan empat dari 10 orang tidak yakin berapa banyak yang mereka minum dalam sehari.  

Jajak pendapat yang ditugaskan kepada OnePoll oleh Volvic Touch of Fruit itu mengungkapkan bahwa 24 persen responden terlalu sibuk untuk minum secara teratur. Survei juga menemukan bahwa bagi 60 persen responden, hidrasi lebih penting dibandingkan kesehatan fisik yang lain. Para responden setuju bahwa mereka merasa lebih bahagia dan lebih sehat ketika minum cukup air.

Mengenai dehidrasi, 44 persen responden mengenali warna gelap urine sebagai tanda bahwa mereka perlu minum lebih banyak. Mulut kering, sakit kepala, dan bibir kering jadi sejumlah tanda kunci yang dialami bahwa mungkin sudah waktunya untuk minum segelas air lagi.

"Kami melihat banyak orang masih kesulitan untuk tetap terhidrasi meskipun sudah mengetahui betapa pentingnya mempertahankan gaya hidup sehat dan seimbang," kata juru bicara Volvic Touch of Fruit, Gemma Morgan, dikutip dari laman Study Finds, Rabu (11/1/2023).

Mengawali tahun yang baru, 28 persen orang dewasa yang terlibat dalam studi berjanji untuk tetap terhidrasi pada 2023. Sebanyak 27 persen responden sangat ingin mengurangi jumlah minuman manis yang dikonsumsi. Air dengan perasa adalah favorit bagi 22 persen, dan 41 persen telah mencoba memberi rasa sendiri pada minuman sebagai cara untuk mendorong diri sendiri minum lebih banyak.  

Responden yang disurvei lebih condong ke arah rasa segar dan buah, diikuti oleh rasa manis. Minuman rasa jeruk, lemon, dan stroberi menjadi yang paling populer. Studi pun menemukan 26 persen responden mau minum lebih banyak air jika saja rasanya lebih enak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement