Rabu 11 Jan 2023 05:42 WIB

Tips Ngaco Bersihkan Jendela Beredar di Tiktok, Jangan Diikuti!

Tak semua tips yang ada di Tiktok ampuh, sebagiannya lagi justru bisa merusak barang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Tips ngaco membersihkan jendela yang tersebar di Tiktok. (ilustrasi)
Foto: corbis
Tips ngaco membersihkan jendela yang tersebar di Tiktok. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak tips dan trik cara membersihkan rumah dan segala perlengkapannya yang tersebar di Tiktok. Mulai dari mencerahkan kembali dasar wajan yang gosong hingga menghilangkan tumpahan pewarna dari karpet putih. 

Namun tidak semua tips tersebut terbukti ampuh. Ada sebagian yang meleset dari sasaran, bahkan bisa merusak barang. Misalnya, untuk mencegah kondensasi menumpuk di jendela menggunakan sabun cuci piring. Setelah diriset, ada fakta terungkap seperti dilansir House Digest, Selasa (10/1/2023).

Baca Juga

Kondensasi jendela adalah fenomena umum, terutama di bulan-bulan musim dingin. Kondensasi adalah fenomena yang benar-benar alami yang terjadi ketika air di udara melepaskan kelembapan saat bersentuhan dengan jendela kaca yang relatif lebih dingin.

Ini sedikit mengganggu karena dapat menghalangi pandangan ke luar jendela. "Genangan" air di jendela pun dapat merusak ambang dan trim. Jadi, daripada mengepel air yang menetes dari jendela, akan masuk akal jika mencari tindakan pencegahannya.

Di halamannya, Lynsey_QueenofClean merekomendasikan hack mudah yang hanya membutuhkan satu bahan yaitu sabun cuci piring. Tiktoker ini hanya menambahkan sedikit sabun cuci piring ke kain mikrofiber dan menyeka jendela ke bawah. Tujuannya untuk menciptakan penghalang pada kaca dan mencegah pengumpulan molekul air.

Namun tips tersebut memiliki risiko jangka panjang. Tips tersebut tidak sepadan.

Kaca adalah bahan yang tidak berpori, yang berarti air tidak dapat melewatinya. Menurut Green Orchard Group, umumnya jauh lebih mudah untuk menjaga kebersihan kaca dibandingkan kayu atau kain.

Jadi saat menambahkan selapis sabun cuci piring di jendela tanpa membilasnya, maka akan menghalangi penghalang tidak berpori itu, yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri jahat. Bahkan semangkuk air dan sabun cuci piring dapat dengan cepat mengumpulkan jamur, jadi prinsip ini juga berlaku untuk jendela.

Sebagai gantinya, Stanek Windows merekomendasikan untuk membeli dehumidifier, atau hanya dengan menyalakan kipas angin untuk mencegah pengembunan di kaca rumah. Sirkulasi udara mencegah air mengendap, itulah sebabnya perlu menyalakan kipas saat mandi, karena mencegah jamur dan kerusakan pada dinding dan trim.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement