Selasa 13 Jun 2023 08:27 WIB

Cuaca Lagi Panas, Hindari Enam Kesalahan Ini Saat Gunakan Kipas Angin

Sering kali, orang menyalakan kipas angin semalaman.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kipas angin sering menjadi magnet debu, bersihkan secara rutin.
Foto: Darmawan/Republika
Kipas angin sering menjadi magnet debu, bersihkan secara rutin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan kipas angin, terutama ketika cuaca sedang panas-panasnya, memang sangat membantu. Bahkan, tak jarang, ada yang selalu menyalakan kipas angin semalaman dengan harapan bisa tidur dengan lelap.

Ternyata, hal itu tidak dianjurkan oleh para ahli di lembaga amal keselamatan Electrical safety First yang berdomisili di Inggris.

Baca Juga

"Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tidak mengambil risiko kebakaran atau luka bakar dalam upaya tetap sejuk, jadi pastikan Anda mengikuti tips penting kami untuk menghindari terjadinya kecelakaan," kata Giuseppe Capanna dari Electrical Safety First, seperti dilansir The Sun, Selasa (13/6/2023).

Berikut enam kesalahan terkait penggunaan kipas angin yang bisa berisiko terhadap keselamatan, menurut Electrical Safety First.

 

1. Jangan nyalakan kipas angin semalaman

Giuseppe mengatakan bahwa menyalakan kipas angin semalaman dan bahkan ditinggal tidur bisa menyebabkan bencana, salah satunya memicu kebakaran. Tentu saja, sebagian besar kipas angin listrik modern aman untuk ditinggalkan selama berjam-jam dan tidak menimbulkan ancaman.

Namun, jika Anda memilih untuk membiarkannya menyala semalaman, pastikan perangkat bersih dari debu dan jauh dari tirai atau gorden. Selanjutnya, jika Anda berisiko terkena sengatan panas yang parah atau efek kesehatan yang merugikan lainnya jika membiarkan kipas angin Anda mati, sebaiknya Anda tetap menyalakannya.

Jangan lupa, beberapa kipas angin modern juga memiliki pengatur waktu. Anda bisa mengaturnya untuk menyala selama beberapa jam dan kemudian mati secara otomatis.

2. Beli dari merek tepercaya

Sebagian orang mungkin tergoda untuk membeli kipas angin bekas yang murah dan bukan dari toko berkualitas. Namun, Giuseppe mengatakan sebaiknya tidak melakukannya karena tidak akan memiliki pengujian keamanan yang sama seperti yang dilakukan oleh peritel terkemuka. Produk tiruan di bawah standar bisa berisiko sengatan listrik dan kebakaran.

3. Jangan letakkan kipas di permukaan tidak rata

Kipas angin harus selalu diletakkan di atas permukaan yang datar. Jika diseimbangkan secara tidak stabil di tepi sesuatu, seperti meja rias atau meja samping tempat tidur, kipas angin dapat dengan mudah jatuh.

Akibatnya, baling-balingnya bisa saja mengenai pelindung dan membuat motor mengalami tekanan tambahan, sehingga menyebabkan panas berlebih dan bahkan kebakaran. Selain itu, kipas angin Anda juga bisa rusak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement