Rabu 07 Oct 2020 08:15 WIB

Eddie Sukses Bareng Van Halen, Kolab dengan Michael Jackson

Eddie Van Halen meninggal dunia di Santa Monica, AS, pada Selasa (6/10).

Gitaris legendaris Eddie Van Halen tutup usia pada Selasa (6/10) setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker.
Foto: EPA
Gitaris legendaris Eddie Van Halen tutup usia pada Selasa (7/10) setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konflik antara Eddie dan Roth, membuat sang vokalis akhirnya berpisah setelah menjalankan tur yang sukses besar di tahun 1984. Perpisahan dengan Roth tidak membuat Van Halen meredup, justru mereka mendapat penjualan album yang lebih besar setelah Sammy Hagar mengisi posisi vokalis.

Eddie Van Halen memiliki masalah pribadi dan kesehatan yang kadang-kadang akan mengganggu pekerjaannya di bidang musik selama beberapa dekade. Masalah sendi kronis, diperburuk oleh gaya sembrono di atas panggung, memaksanya untuk menjalani operasi penggantian pinggul pada tahun 1999.

Munculnya kanker yang kemungkinan akibat dari merokok berat menyebabkan operasi pengangkatan sebagian lidahnya pada tahun 2000. Eddie lebih yakin penyakitnya itu tercetus oleh kebiasaannya meletakkan pick besi gitar elektrik di mulutnya.

Meningkatnya penyalahgunaan narkoba dan alkohol yang dilakukan Eddie Van Halen mempercepat perceraiannya tahun 2007 dengan aktris TV Valerie Bertinelli, yang menjadi istrinya selama 26 tahun, setelah perpisahan yang berlarut-larut. Dia masuk rehabilitasi pada 2007 dan dilaporkan sembuh pada 2008.

"Saya seorang pecandu alkohol dan saya membutuhkan alkohol untuk tetap produktif," ujar Eddie dalam sebuah wawancara dengan Chuck Klosterman pdda 2015.

"Saya tidak minum saat pesta. Alkohol dan kokain adalah barang pribadi bagi saya. Saya akan menggunakannya untuk bekerja. Kokain itu membuat Anda tetap terjaga dan alkohol menurunkan masalah Anda. Saya yakin ada beberapa hal di musik yang tidak akan saya coba jika saya tidak dalam kondisi mental itu," lanjutnya.

Eddie Van Halen menutup usia dengan meninggalkan istri keduanya, Janie Liszewski yang dinikahinya pada 2009 dan seorang anak Wolfgang Van Halen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement