Kamis 25 Jun 2020 17:59 WIB

9 Tips Memotret dengan Ponsel Agar Hasilnya Ciamik

Hindari melakukan zoom manual ketika memotret dengan ponsel.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Tips memotret dengan ponsel (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Tips memotret dengan ponsel (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivitas bekerja dari rumah menjadi hal baru bagi banyak bisnis. Setidaknya, untuk sementara mengunggah konten ke media sosial (medsos) adalah cara penting bagi jenama untuk tetap terhubung dengan audiens mereka.

Untuk membuat konten medsos yang menarik selama jarak sosial, ponsel pintar Anda akan terus menjadi salah satu alat terbaik. Ponsel pintar sangat praktis digunakan.

Jika digunakan dengan benar, ponsel pintar dapat menghasilkan foto dengan kualitas baik untuk unggahan medsos dan konten daring. Meskipun hasil foto ponsel mungkin tidak sama dengan hasil jepretan fotografer dari kamera profesional, ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas foto ponsel menjadi lebih ciamik.

Berikut sembilan kiat pengambilan foto untuk konten Instagram, Facebook, Pinterest, dan Twitter seperti dilansir di laman Entrepreneur, Kamis (25/6):

1. Jaga lensa kamera ponsel

Setiap foto untuk medsos lebih baik dimulai dengan lensa kamera yang bersih. Sebelum mengambil foto, buka aplikasi kamera dan ambil beberapa gambar sebagai uji coba. Jika memang ada kotoran, kita bisa membersihkan lensa terlebih dahulu.

2. Gunakan tripod

Kita semua tahu, tangan yang goyah ketika memotret atau mengambil video bisa membuat hasil gambar buram. Sebagai solusi, gunakanlah tripod atau dudukan profesional untuk ponsel.

3. Gunakan fitur pengatur waktu

Untuk hasil foto terbaik, gunakan kamera belakang dibandingkan kamera depan. Anda bisa menggunakan fitur pengatur untuk membantu mendapatkan hasil foto terbaik.

4. Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan adalah segalanya. Mungkin sulit untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat di luar studio dan di rumah, tetapi dengan beberapa penyesuaian, sangat mungkin untuk mencapai foto yang terang. Temukan pencahayaan alami dari matahari jika memungkinkan. Manfaatkan "jam emas" matahari, yaitu jam pertama setelah matahari terbit dan jam terakhir sebelum matahari terbenam.

5. Perhatikan sudut pandang kamera

Bermain dengan sudut yang unik dapat membantu hasil jepretan estetik. Sudut dapat menciptakan ilusi kedalaman, dan ketinggian, membuat foto lebih menarik untuk dilihat.

6. Mengaktifkan garis kisi

Garis kisi adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kualitas foto Anda untuk medsos. Garis kisi berfungsi memandu fotografer untuk mengambil foto secara seimbang dan menarik.

7. Hindari zoom manual

Melakukan zoom adalah kesalahan umum yang dilakukan seseorang saat mengambil gambar dengan ponsel pintar mereka. Zoom bisa mengurangi kualitas gambar dan mungkin menyebabkan pengikut medsos Anda menggeser melewatinya. Daripada melakukan zoom, lebih baik Anda maju mendekati objek foto.

8. Sesekali candid, boleh kok

Foto candid menambah variasi pada unggahan medos dan menunjukkan kepada audiens sisi asli bisnis Anda. Tunjukkan bagaimana produk Anda dipakai oleh seseorang dan fotolah dia secara diam-diam.

9. Edit, tapi jangan berlebihan

Setelah menggunakan tips ini untuk mengambil gambar yang sempurna, Anda mungkin ingin mengeditnya sebelum mempostingnya ke medsos. Ada berbagai aplikasi yang dapat mempermudah pengeditan, bahkan jika Anda tidak berpengalaman dalam pengeditan foto, di antaranya yakni Adobe Photoshop Express, VSCO, dan Snapseed. Pastikan untuk tidak mengedit foto Anda secara berlebihan. Sebab, pengikut Anda pasti akan mengetahui bahwa itu adalah foto editan dan tidak nyata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement