Rabu 17 Jun 2020 11:52 WIB

Resso Luncurkan Wadah Tanya Jawab Daring Musisi dan Fans

Resso menggabungkan media sosial dengan aplikasi streaming musik.

Tangkapan layar aplikasi streaming musik sosial Resso.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Tangkapan layar aplikasi streaming musik sosial Resso.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi musik, Resso, menyediakan wadah bagi para musisi Indonesia untuk berinteraksi dengan para penggemarnya. Beberapa musisi muda di antaranya Rahmania Astrini, Mira Jasmine, dan Monica Karina bergabung dalam sesi tanya jawab langsung melalui aplikasi Resso untuk tetap terhubung dengan penggemar mereka.

Head of Music Resso Indonesia, Christo Putra, mengatakan masa pandemi Covid-19 menciptakan peluang bagi musisi untuk tetap terhubung langsung dengan penggemarnya meski terbatas jarak. "Resso ingin memberdayakan musisi dengan platform untuk mengekspresikan kreativitas dan terus melibatkan penggemar mereka melalui musik, terutama selama masa yang penuh tantangan ini," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, baru-baru ini.

Resso baru saja meluncurkan sesi tanya jawab melalui aplikasinya. Fitur tersebut memungkinkan penggemar berinteraksi langsung dengan musisi favorit melalui kolom komentar di lagu mereka. Beberapa musisi telah bergabung dalam kegiatan ini.

Rahmania Astrini, penyanyi berusia 19 tahun yang memulai kariernya pada 2017 melalui lagu "Menua Bersama" adalah salah satu yang berkolaborasi dengan Resso pada sesi ini. Pada bagian komentar dari lagu barunya, "Tak Bisa" yang berkolaborasi dengan Nino 'RAN', dia sangat menikmati menjawab pertanyaan dari penggemar. Topiknya beragam, mulai dari proses rekaman hingga kegiatan selama Ramadhan lalu. Beberapa penggemar bahkan menanyakan saran tentang hubungan pribadi mereka terkait tema lagu romansa yang dimiliki Rahmania Astrini tersebut.

"Sangat menyenangkan dapat berbincang dengan orang-orang yang menikmati musik saya," ujar Rahmania.

Dia merasa sangat terhubung dan tidak pernah berpikir itu akan terjadi sebelumnya. Rahmania bisa memberi mereka wawasan tentang proses pembuatan lagu terbarunya dan menjawab keingintahuan pecinta musiknya. "Ini membuat saya menyadari betapa pentingnya platform digital bagi kami sebagai musisi, pada saat-saat seperti ini," kata Rahmania.

Musisi lain yang bergabung dengan sesi tanya jawab yaitu Monica Karina dan Mira Jasmine. Dua musisi ini datang bersama untuk sebuah proyek duet untuk lagu mereka yang terinspirasi oleh lagu R&B, "Congratulations".

"Ini pengalaman yang sangat baru bagi saya. Rasanya sangat personal karena kami harus menjawab pertanyaan satu per satu," ujar Mira.

Dia berpendapat terhubung dengan penggemar melalui media sosial yang dikombinasikan dengan aplikasi streaming musik, seperti Resso, sangat penting saat ini. "Ini adalah salah satu dari banyak cara yang dapat dilakukan agar kami dapat tetap terhubung dan berinteraksi dengan audiens," kata dia.

Monica mengatakan berkat fitur-fitur yang mudah digunakan, Resso telah membantunya terhubung kembali dengan penggemar dan orang-orang yang menikmati musiknya. "Dari berinteraksi melalui bagian komentar untuk setiap lagu, hingga betapa mudahnya membagikan lagu dan playlist favorit saya ke media sosial," ujarnya.

Dia merasa, kehadiran secara daring adalah kunci dalam kondisi saat ini. Sebab, interaksi secara langsung tidak dimungkinkan dalam waktu dekat. Pemanfaatan platform digital yang ada dinilainya dapat membantu musisi mempertahankan eksistensinya di industri musik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement