Senin 27 Feb 2023 16:34 WIB

Maraknya Cover Lagu, Awdella Justru Salut dengan Kreativitas Penikmat Musik

Cover lagu sedih Awdella bahkan ada yang disulap menjadi genre dangdur.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Awdella. Awdella memuji kreativitas penikmat musik yang telah meng-cover lagunya. (ilustrasi)
Foto: Dok.Resso Indonesia
Penyanyi Awdella. Awdella memuji kreativitas penikmat musik yang telah meng-cover lagunya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Era media sosial dan kehadiran berbagai platform streaming musik membuat berbagai karya lagu lebih mudah menjangkau audiens. Penikmat musik pun kerap membawakan ulang lagu populer untuk diunggah di media sosial, alias membuat cover lagu, dengan caranya masing-masing.

Awdella termasuk penyanyi yang karyanya kerap dibuat menjadi cover dalam berbagai genre oleh penggemar. Salah satunya adalah lagu "Tertawan Hati" yang membuat nama perempuan 23 tahun kelahiran Surabaya itu kian dikenal secara meluas.

Baca Juga

"Mungkin ada beberapa orang yang anggap, "Kok diginiin sih?", tapi kalau aku, jujur, suka aja. Berarti mereka bisa menyalurkan kreativitas mereka dengan karyaku," kata Awdella di sesi media Resso Indonesia, beberapa waktu lalu.

Jebolan ajang Indonesian Idol musim ke-10 itu bercerita, ada hasil cover lagunya yang memiliki tempo lebih cepat, bahkan disulap menjadi genre dangdut dan dapat sentuhan DJ. Awdella justru salut dengan kreativitas para penikmat musik dalam mengkreasikan lagunya.

Menurut Awdella, produksi ulang demikian bukan hal mudah. Selain itu, orang lain yang baru mendengar lagunya dan menyenangi genre musik tertentu yang disuntikkan ke lagunya, malah menjadi tahu dan suka dengan tembang milik Awdella.

"I'm totally fine, dan senang sih kalau ada fans begitu. Tapi enggak tahu kenapa, kadang yang marah netizen. Mungkin karena sudah dicap jadi lagu supersedih. Tapi, dengan cover version yang banyak banget, aku suka dan aku selalu dukung,"ujarnya.

Awdella akan membawakan lagu teranyarnya, "Kamu Kurang Usaha" di Resso Studio Live (RSL) edisi ketujuh. Program itu disiarkan pada Jumat, 17 Maret 2023 pukul 17.00 WIB di Tiktok melalui akun @RessoID, juga di kanal Youtube.

Awdella menjelaskan, lagu itu menceritakan sebuah hubungan di mana salah satu pihak tidak punya usaha untuk mempertahankan. Kondisinya menjadi berat sebelah, karena satu pihak telah mati-matian berusaha dalam menjalani hubungan.

Selain Awdella, musisi lain yang tampil di acara mendatang adalah Juicy Luicy bersama Adrian Khalif, Jevin Julian bersama Jinan dan Kara Chenoa, Kaleb J bersama Ruth Garcia, serta Raissa Anggiani. Semua membawakan lagu dalam versi akustik.

Artist promotion lead Resso Indonesia, Matthew Tanaya, menjelaskan proses pemilihan musisi. "Alasan kami memilih para musisi ini, karena karya mereka sedang trending. Para musisi yang sedang hit ini kami undang membawakan lagu mereka secara live untuk publik," ujar Matthew.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement