Senin 27 Feb 2023 17:59 WIB

Sering Nyanyikan Lagu Galau, Juicy Luicy Ingin Jadi Band Sentimental Indonesia

Juicy Luicy sadar hampir semua lagu yang dinyanyikannya bernuansa galau.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Juicy Luicy bersama Adrian Khalif membawakan lagu kolaborasi di Resso Studio Live (RSL) edisi ketujuh. Program akan disiarkan pada Jumat, 17 Maret 2023 pukul 17.00 WIB.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Juicy Luicy bersama Adrian Khalif membawakan lagu kolaborasi di Resso Studio Live (RSL) edisi ketujuh. Program akan disiarkan pada Jumat, 17 Maret 2023 pukul 17.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik Juicy Luicy telah menelurkan deretan karya yang menjadi hit. Salah satunya, lagu "Lantas" yang mendapat nominasi di ajang bergengsi Anugerah Musik Indonesia 2021 untuk kategori duo/grup/kolaborasi pop terbaik.

Band asal Bandung beranggotakan Julian Kaisar (vokal), Denis Ligia (gitar), Zamzam YM (saksofon), Dwi Nugroho (drum), dan Bina Bagja (bas) itu sadar bahwa hampir semua lagu yang dibawakan bernuansa galau dan mellow. Bahkan, hanya ada satu lagu yang liriknya memuat cerita bahagia.

Baca Juga

Julian, sang vokalis, mengatakan hal itu sebenarnya bukan konsep yang sengaja dirancang. Menurut Julian, ketika band menghadirkan lagu bernuansa demikian, ternyata itu membuat banyak orang merasa terhubung. Utamanya, pendengar muda yang ada di usia SMP hingga perkuliahan, meski tak menutup kemungkinan rentang usia lain.

"Lagi masa jatuh cinta, patah hati. Kebetulan kami juga nyaman banget ceritain kisah-kisah itu," ujar Julian di sesi media bersama Resso Indonesia beberapa waktu lalu.

Pada keterangan akun Instagram resmi Juicy Luicy, terpampang tulisan "band sentimental Indonesia". Menurut Julian, itu adalah doa. "Berharap, kalau ada orang patah hati lalu dengerin lagu kami, bisa jadi sundtrack cerita hidup orang itu," kata Julian.

Juicy Luicy tampil di acara Resso Studio Live (RSL) edisi ketujuh, yang disiarkan pada Jumat, 17 Maret 2023 pukul 17.00 WIB di akun TikTok @RessoID dan di kanal YouTube. Selain Juicy Luicy, musisi lain yang tampil yakni Awdella, Kevin Julian bersama Jinan dan Kara Chenoa, Kaleb J bersama Ruth Garcia, serta Raissa Anggiani.

Pada kesempatan itu, Juicy Luicy membawakan lagu terbaru berjudul "Sialan" versi akustik bersama Adrian Khalif. Pencipta tembang tersebut adalah Denis Ligia sang gitaris, bersama produser musik Juicy Luicy, Faishal Muhammad Fasya.

Lagu bercerita tentang seseorang yang berusaha keras untuk move on dari sosok tertentu. Namun, ketika berjumpa lagi dengan sosok itu, ternyata perasaan yang ada dalam hati untuk orang tersebut masih tetap sama. Dia masih belum bisa beranjak.

Denis menyampaikan, proses kreatif lagu tersebut cukup unik. Pasalnya, selama ini Denis biasa menulis lagu bersama seseorang dari artists & repertoire (A&R). Khusus untuk lagu "Sialan", dia memilih menggubah lagu bersama Faishal agar ada elemen kord yang terkesan berbeda dari biasanya.

Penggarapan lagu berlangsung sekitar tiga bulan. Julian dan Adrian yang beradu vokal pun dituntut untuk "lebih" dari kapasitas biasanya dan menyentuh nada yang terbilang tinggi. Itu membuat tiap momen membawakan lagu secara live cukup menegangkan.

"Yang paling unik, sebenarnya saat awal, lagu ini mau ceritain lagu cinta. Pengalaman saya ketemu istri enggak sengaja di MRT, tapi ternyata songwriter kedua nulis ini malah bikin lagunya ketemu mantan," ujar Denis.

Lagu "Sialan" menandai kali kedua Juicy Luicy berkolaborasi dengan Adrian Khalif. Sebelumnya, mereka pernah berkolaborasi di lagu "Kembali Kesepian". Tembang tersebut masuk dalam nominasi AMI Awards 2021 untuk kategori kategori duo/grup/grup vokal/kolaborasi soul/R&B terbaik.

Nantinya, "Sialan" yang sudah rilis sebagai single akan termuat di album baru Adrian maupun Juicy Luicy. Adrian yang tergabung di label yang sama dengan Juicy Luicy, yakni E-Motion Entertainment, mengaku sangat menikmati menghadirkan karya bersama Juicy Luicy. "Serunya, semua natural aja. Sudah kenal, jadi enggak ada yang canggung lagi," ujar Adrian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement