Kamis 20 Feb 2020 05:01 WIB

Manfaat Dark Chocolate Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak yang tidak menyadari bahwa cokelat hitam memiliki manfaat kesehatan.

Rep: MGROL126/ Red: Nora Azizah
Banyak yang tidak menyadari bahwa cokelat hitam memiliki manfaat kesehatan (Foto: ilustrasi cokelat hitam)
Foto: Flickr
Banyak yang tidak menyadari bahwa cokelat hitam memiliki manfaat kesehatan (Foto: ilustrasi cokelat hitam)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cokelat sering dijadikan alat untuk membuat seseorang bahagia. Entah itu untuk menghibur teman yang patah hati, stres teman kerja, hingga membujuk anak kecil yang sedang menangis.

Namun sayangnya, cokelat sering dikaitkan dengan masalah kerusakan gigi. Meski demikian, banyak yang tidak menyadari bahwa cokelat hitam memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Baca Juga

Dilansir melalui healthshot, Kamis (20/2), berikut beberapa manfaat cokelat hitam bagi kesehatan tubuh.

 

 

Meningkatkan Fungsi Otak

Ternyata, makan cokelat hitam yang mengandung kakao flavanol tinggi bisa meningkatkan aliran darah ke otak. Para peneliti dari Universitas Italia L'Aquila mengatakan bahwa mengonsumsi cokelat hitam secar teratur bisa meningkatkan fungsi kognitif otal. Kakao juga mengandung stimulan tertentu seperti kafein dan theobromine, yang dapat meningkatkan fungsi otak dalam jumlah sedang.

 

Kaya Antioksidan

Cokelat hitam dikenal kaya antioksidan sehingga menjadikannya makanan super. Selain itu, cokelat hitam mengandung flavonoid yang berperan dalam pencegahan kanker, penurunan berat badan, dan kesehatan jantung.

Dalam sebuah studi di Journal of Natural Science, menyebutkan, stres oksidatif berkontribusi pada proses penuaan alami. Cokelat hitam disebut bisa membantu memperlambat proses penuaan. Stres oksidatif juga berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, Parkinson, Alzheimer, kanker dan penyakit mata.

 

Mencegah Penyakit Jantung dan Menurunkan Risiko Stroke

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa cokelat hitam juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Heart juga menemukan bahwa orang mengonsumso cokelat hitam setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement