Jumat 10 Jan 2020 18:51 WIB

Tak Hanya Sehat, Ini Sejumlah Manfaat dari Quinoa

Quinoa merupakan makanan detoksifikasi yang dikatakan dapat meningkatkan metabolisme.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Quinoa merupakan makanan detoksifikasi yang dikatakan dapat meningkatkan metabolisme dan mempertahankannya sepanjang hari (Foto Quinoa)
Foto: Flickr
Quinoa merupakan makanan detoksifikasi yang dikatakan dapat meningkatkan metabolisme dan mempertahankannya sepanjang hari (Foto Quinoa)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Metabolisme yang lambat akan membuat tubuh membakar lebih sedikit kalori. Artinya, akan ada lebih banyak lemak yang mungkin tersimpan di dalam tubuh. Bagaimana cara meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh?

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat metabolisme tubuh. Salah satu di antaranya adalah melalui makanan. Ada beberapa jenis makanan yang diketahui dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lebih cepat, Quinoa adalah salah satunya.

Baca Juga

Quinoa merupakan makanan detoksifikasi yang dikatakan dapat meningkatkan metabolisme dan mempertahankannya sepanjang hari. Selain itu, quinoa juga merupakan bahan makanan sehat yang dapat menjadi alternatif untuk nasi dan pasta. Quinoa juga bisa ditambahkan ke berbagai makanan untuk disantap kapan pun.

Ahli kesehatan Dr Josh Axe mengatakan quinoa juga dapat membantu penurunan berat badan. Protein dan serat dalam quinoa dapat membantu menekan rasa lapar dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Studi pun telah menunjukkan bahwa quinoa dapat menurunkan risiko kenaikan berat badan.

"Menambahkan (quinoa) ke dalam pola makan Anda dapat membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama," jelas Dr Axe dalam laman resminya draxe.com, seperti dilansir SheFinds, Jumat (10/1).

Selain bagi kesehatan, quinoa memiliki efek yang baik terhadap kesehatan metabolik. Studi pada tikus dan manusia menunjukkan bahwa quinoa dapat meningkatkan kesehatan metabolik dengan cara menurunkan kadar gula darah, insulin dan trigliserida.

Hal terbaik lain yang ada pada quinoa adalah makanan ini mudah diolah menjadi berbagai kudapan. Quinoa bisa langsung ditambahkan ke dalam berbagai resep tanpa merusak cita rasa. Sebagai contoh, quinoa bisa ditaburkan pada semangkuk salad atau dicampurkan ke telur orak arik.

Karena hal inilah quinoa menjadi menu makanan yang bisa diolah dengan berbagai cara yang tak terbatas. Tak ada salahnya untuk menjadikan quinoa sebagai salah satu stok makanan di dapur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement