Selasa 10 Oct 2023 16:46 WIB

Tak Harus Beras, Asupan Karbohidrat Bisa Diperoleh dari Sini

Ada karbohidrat kompleks yang bisa dikonsumsi masyarakat sebagai pengganti beras.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Petani menunjukkan kentang di kawasan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Rabu (8/2/2023). Kentang adalah salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat sebagai pengganti beras.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Petani menunjukkan kentang di kawasan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Rabu (8/2/2023). Kentang adalah salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat sebagai pengganti beras.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berencana untuk kurangi karbohidrat karena alasan kesehatan, ini merupakan rencana yang salah. Tidak semua karbohidrat diciptakan sama, karena ada dua kategori utama yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. 

Karbohidrat kompleks biasanya ditemukan dalam biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, serta mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan karbohidrat sederhana dari makanan manis seperti soda, makanan yang dipanggang, dan beberapa jus buah dan sereal.

Baca Juga

Terdiri atas rantai molekul gula yang panjang dan kompleks, karbohidrat kompleks dianggap sebagai “karbohidrat baik” karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga menghindari lonjakan gula darah yang mungkin didapatkan dari karbohidrat sederhana,

Pendiri Yummy Body Nutrition, Ha Nguyen mengatakan, karbohidrat kompleks juga menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi kesehatan.

 

Meskipun karbohidrat sederhana (misalnya, gula olahan atau gula rafinasi) seperti jus, es krim, permen, dan roti putih rasanya enak dalam jumlah sedang, sebagian besar asupan karbohidrat harus terdiri atas karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran bertepung.

Untuk membuatnya sangat mudah untuk menambahkan lebih banyak ke piring, berikut ini sembilan daftar karbohidrat kompleks yang bisa menggantikan beras, makanan pokok masyarakat Indonesia.

1. Jelai

Jangan abaikan biji-bijian yang kenyal dan sedikit pedas ini. Satu cangkir jelai yang dimasak, mengandung 6 gram serat yang penting untuk kesehatan usus dan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

2. Spelt

Spelt adalah biji-bijian kuno yang menghasilkan lebih dari sekadar porsi karbohidrat kompleks yang sehat. Satu cangkir spelt matang mengandung 7,6 gram serat dan 10,67 gram protein, menjadikannya pilihan yang seimbang. Selain itu, spelt memiliki jumlah zat besi, zinc, magnesium, dan tembaga yang lebih tinggi dibandingkan tepung terigu, dan menyediakan sekitar sepertiga dari nilai fosfor harian yang direkomendasikan, mineral penting pembentuk tulang.

3. Quinoa

Secara teknis ini adalah biji-bijian, meskipun sebenarnya bukan (sehingga secara alami bebas gluten), quinoa hadir dengan manfaat kesehatan jantung yang sama seperti biji-bijian lainnya, dan bekerja dengan cara yang sama dalam resep seperti tumisan, salad, dan mangkuk biji-bijian.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement