Kamis 09 Jan 2020 04:41 WIB

Lagi Diet? Hindari Sumber Karbohidrat Ini

Penting untuk mempertimbangkan jenis karbohidrat saat sedang menjalankan diet.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah
Meskipun karbohidrat adalah bagian penting dari diet yang lengkap, karbohidrat dapat meningkatkan berat badan (Ilustrasi makanan diet sehat)
Foto: Flickr
Meskipun karbohidrat adalah bagian penting dari diet yang lengkap, karbohidrat dapat meningkatkan berat badan (Ilustrasi makanan diet sehat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun karbohidrat adalah bagian penting dari diet yang lengkap, karbohidrat dapat meningkatkan berat badan. Pasalnya, energi yang tidak digunakan dari karbohidrat akan berubah menjadi lemak.

Penting untuk mempertimbangkan jenis karbohidrat apa yang Anda makan saat memilih makanan. Karbohidrat terbaik tinggi serat, sedangkan yang terburuk mengandung gula lebih tinggi.

Baca Juga

Beberapa pilihan yang baik adalah biji-bijian, tetapi sayangnya jauh lebih mudah untuk menemukan karbohidrat buruk.

Berikut beberapa karbohidrat yang harus Anda hindari karena tidak memiliki nilai gizi, dilansir di She Finds, Kamis (9/1):

Roti putih

Roti putih adalah pilihan yang buruk karena dalam membuatnya, semua bagian gandum dengan nilai gizi telah dihilangkan. Satu potong roti putih mengandung 12 gram karbohidrat, serat kurang dari satu gram dan 1,3 gram gula.

Minuman manis

Minuman manis bukan hal pertama yang biasanya dipikirkan orang ketika Anda mulai berbicara tentang karbohidrat, tetapi itu salah satu yang paling merugikan kesehatan kita.

Minuman manis seperti soda, minuman olahraga, minuman berenergi, dan kopi instan menyumbang persentase besar dari rata-rata asupan gula tahunan orang Amerika. Dan mereka menawarkan sedikit atau tidak ada nilai gizi.

Kentang goreng

Satu porsi kentang goreng dapat mengandung karbohidrat sebanyak 24 gram, dan hanya dua gram serat. Ini bukan angka yang baik, terutama mengingat bahwa ada nilai gizi sangat sedikit untuk kentang goreng, karena mengandung protein dalam jumlah rendah dan jumlah lemak yang tinggi.

Permen

Salah satu makanan terburuk yang paling jelas bagi Anda adalah permen.  Dengan kadar gula yang tinggi dan sama sekali tidak ada nutrisi untuk Anda, permen harus dihindari sebisa mungkin. Sebaliknya, ganti dengan cokelat hitam atau buah segar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement