Selasa 09 Nov 2021 21:00 WIB

4 Kesalahan Populer dalam Menurunkan Berat Badan

Banyak orang mengikuti trik menurunkan berat badan tanpa paham logika di baliknya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Diet menurunkan berat badan. Ketahui mitos yang populer mengenai tips penurunan berat badan.
Foto: www.freepik.com
Diet menurunkan berat badan. Ketahui mitos yang populer mengenai tips penurunan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurunkan berat badan bukanlah pekerjaan yang mudah. Ini membutuhkan disiplin dan tekad besar plus perubahan gaya hidup tertentu.

Sejak era internet, orang menjadikannya sumber untuk menemukan tip dan trik menurunkan berat badan. Akan tetapi, di situ juga ada banyak mitos.

Baca Juga

Ahli gizi asal India, Pooja Banga, berbagi empat kebiasaan yang populer disebut sebagai jurus untuk menurunkan berat badan, tetapi sebenarnya tidak berfaedah. Ia mengaku telah melihat orang-orang mengikuti begitu banyak hal untuk menurunkan berat badan tanpa mengetahui logika di baliknya.

Mereka, menurut Banga, juga tak tahu persis apakah tips itu berhasil atau tidak. Dalam video yang dibagikannya di Instagram, ia membahas tentang beberapa mitos umum, dikutip Indian Express, Selasa (9/11).

1. Minum teh herbal

Banga menjelaskan bahwa minum teh herbal tidak bisa menurunkan berat badan. Pun demikian dengan makanan lain yang diklaim sebagai makanan penurun lemak.

"Pahami satu hal, yakni bahwa tidak ada satu makanan pun yang bisa membuat Anda kehilangan atau menambah berat badan. Tidak ada makanan atau minuman ajaib yang bisa menurunkan berat badan," kata Banga.

2. Menghindari karbohidrat

Sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang, yang mencakup campuran yang sehat dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serat, serta air. Menghilangkan karbohidrat hanya akan membuat Anda merasa lelah, karena karbohidrat mengisi tubuh dengan zat gizi makro yang diperlukan tubuh.

Idealnya harus ada 40 persen dari seluruh makanan. Konsumsi semuanya dalam jumlah sedang lalu lakukan olahraga teratur. Ini adalah trik untuk menurunkan berat badan secara berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement