Rabu 25 Dec 2019 06:33 WIB

Bahan Rumahan Ini Bisa Putihkan Gigi

Soda kue dianggap menjadi salah satu bahan pemutih gigi alami.

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi
Gigi putih. (Ilustrasi)
Foto: funmag.org
Gigi putih. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum menggunakan bahan-bahan ini, pastikan Anda memeriksakan diri ke dokter gigi. Gigi putih seperti mutiara adalah impian semua orang. Meskipun, dokter berpendapat bahwa gigi kuning lah yang sehat dan alami.

Tapi, orang lebih memilih untuk melakukan perawatan mahal agar bisa tersenyum dengan cerah. Jika Anda salah satunya, berikut cara untuk memutihkan gigi Anda tanpa merusak kesehatan gigi.

Dilansir dari Indian Express, Kamis (19/12), berikut beberapa bahan rumahan yang bisa digunakan.

Soda Kue

Soda kue dianggap menjadi salah satu bahan pemutih gigi alami. Menggosok gigi dengan baking soda dipercaya dapat mengilangkan noda di permukaan gigi. Tapi, jangan berharap Anda bisa mendapatkan gigi putih dalam waktu semalam karena Anda harus rutin menggunakannya untuk melihat efek putihnya.

Cuka Apel

Sejak lama, sari apel telah digunakan orang-orang sebagai produk pembersih alami. Kandungan asam asetat pada cuka apel dapat membunuh bakteri hingga memutihkan gigi. Namun, asetat ini berpotensi mengikis enamel, yaitu lapisan luar gigi.

Jadi, jangan terlalu sering menggunakan cuka apel untuk kumur- kumur. Batasilah waktu kontak antara cuka apel dan gigi. Ketika Anda selesai menggunakan cuka apel untuk membersihkan gigi, disarankan agar Anda cuci mulut lagi dengan air putih.

Stroberi

Para ahli mengatakan, ketika buah dicampur dengan soda kue, maka Anda akan menghasilkan produk pemutih gigi alami. Asam malat dalam stroberi dipercaya dapet menghilangkan noda pada permukaan gigi, sama seperti soda kue. Meskipun obat ini tidak sepenuhnya ilmiah, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Nanas

Menurut penelitian, pasta gigi yang mengandung bromelain cenderung lebih efektif dalam menghilangkan noda daripada pasta gigi standar. Bromelain ialah enzim yang ditemukan dalam jus nanas dan buah nanas itu sendiri. Beberapa orang mengklaim, buah nanas juga memiliki efek yang sama, namun tidak ada bukti nyata yang mengatakan hal itu.

Teknik Oil Pulling

Oil pulling adalah salah satu obat tradisional India dalam meningkatkan kebersihan mulut dan menghilangkan racun dari tubuh. Caranya, Anda cukup berkumur dengan sejumlah jenis minyak untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan plak dan gigi menguning. Jenis minyak yang bisa digunakan misalnya bunga matahari, wijen, dan minyak lainnya.

Ingatlah, sebelum Anda mencoba bahan rumahan ini untuk jadi salah satu caramu putihkan gigi, jangan lupa konsultasi terlebih dahulu kepada dokter gigi Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement