Kamis 19 Dec 2019 04:13 WIB

Adegan Favorit Reza Rahadian di Film Habibie & Ainun 3

Film Habibie & Ainun 3 hadirkan aktor Reza Rahadian sebagai sosok BJ Habibie.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Reza Rahadian dalam Habibie & Ainun 3
Foto: Tangkapan layar
Reza Rahadian dalam Habibie & Ainun 3

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Reza Rahadian kembali memerankan sosok Presiden RI ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie pada film Habibie & Ainun 3. Reza mengungkapkan salah satu adegan paling berkesan dari sinema besutan sutradara Hanung Bramantyo itu.

"Pada film ini ada scene bersama anak dan cucu di sebuah ruangan. Buat saya sangat berkesan karena di film pertama dan kedua jarang ada potret keluarga utuh. Itu yang paling menantang," ujar Reza.

Baca Juga

 

Bagi Reza, kesulitan yang ada adalah mengenang kembali memori masa silam. Pada adegan tersebut, Reza menghadirkan Habibie sepuh yang bercerita mengenai Ainun kepada anak cucunya. Otomatis, Reza menyesuaikan suara dan gestur yang berubah seiring usia.

Pria 32 tahun kelahiran Bogor itu juga memerankan Habibie muda saat masih bersekolah bersama Ainun (Maudy Ayunda). Pada seluruh aktingnya, Reza sangat baik menampilkan sorotan mata, gaya bicara, dan gerakan jari khas Habibie.

Agaknya Reza sudah terbiasa karena sebelum ini dia pun berperan sebagai Habibie pada dua film sebelumnya. Sang aktor menambahkan bahwa dia menyukai semua adegan dalam film ketiga dan berusaha menampilkan eksekusi akhir sebaik-baiknya.

Dia bersyukur Habibie & Ainun 3 mengalami eskalasi dari segi teknis. Reza meminta produser Manoj Punjabi, sutradara Hanung Bramantyo, dan rumah produksi MD Pictures untuk mengoptimalkan hal itu demi peran Habibie.

Pada awal adegan, Reza tampil dengan riasan dan prostetik wajah maksimal sehingga terlihat benar-benar seperti sosok Habibie yang sudah lansia. Dia juga memerankan Habibie muda dengan efek dan riasan tertentu sehingga tampak belia.

Akan tetapi, efek visual pada saat Reza memerankan Habibie muda terlihat kurang meyakinkan. Ada kesan tempelan yang terlalu kentara. Paling tidak, hal itu diimbangi dengan akting piawai Reza sehingga dapat termaklumi.

"Buat saya, peran sebagai Eyang Habibie banyak mengubah hidup. Semoga film dengan cerita luar biasa ini bisa dinikmati sebanyak-banyaknya orang," ungkap aktor pemenang Piala Citra 2009 itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement