Selasa 19 Nov 2019 09:29 WIB

Cara Sederhana Bedakan Skincare Alami dan Sintetis

Perbedaan skincare bahan alami dan sintetis adalah efeknya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Indira Rezkisari
Sukin, merek skincare dari bahan alami.
Foto: Republika/Adysha C Ramadani
Sukin, merek skincare dari bahan alami.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring dengan semakin besarnya minat masyarakat terhadap perawatan kulit, semakin banyak pula produk-produk perawatan kulit yang muncul di pasaran. Sebagian merupakan produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan-bahan alami, sebagian lagi terbuat dari bahan-bahan sintetis.

PR Manager Sociolla Amanda Vebryanti mengatakan produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan-bahan sintetis bukan berarti tidak baik atau tidak aman. Hanya saja, terkadang ada pengguna produk perawatan kulit yang memiliki kondisi kulit sensitif atau alergi dengan senyawa kimia tertentu.

Baca Juga

"Kalau dibilang produk sintetis tidak aman, ya tidak juga. Harus dirinci kasus per kasus," ungkap Amanda dalam peluncuran produk perawatan kulit dan tubuh asal Australia Sukin, di Jakarta.

Amanda mengatakan salah satu perbedaan dari produk perawatan kulit dari bahan alami dan sintetis adalah efeknya. Efek dari produk perawatan kulit dengan bahan sintetis cenderung lebih cepat terlihat atau instan.

Bila produk tersebut cocok, tentu efek positif dari produk tersebut akan tampak dalam waktu yang relatif singkat. Namun bila produk tersebut kurang cocok di kulit, efek negatifnya pada kulit juga muncul dalam waktu yang cepat.

Sebaliknya, produk perawatan kulit dari bahan-bahan alami cenderung memberikan hasil yang lebih lama atau tidak instan. Namun bila produk tersebut tidak cocok, tak ada efek berarti yang akan muncul pada kulit.

"Misal kulitnya berminyak lalu produk natural untuk menghilangkan minyak tidak cocok. Wajah mungkin tetap berminyak tapi tidak jadi jerawatan," jelas Amanda.

Selain dari efeknya, produk perawatan kulit sintetis dan alami juga cenderung bisa dibedakan dari aroma. Produk perawatan kulit dari bahan-bahan sintetis biasanya dilengkapi dengan pewangi sintetis yang memiliki aroma seperti parfum. Sedangkan produk perawatan kulit dari bahan-bahan alami umumnya memiliki aroma yang lebih ringan dan aroma yang memang berasal dari bahan-bahan alam.

"Seperti Sukin, tidak menggunakan pewangi, tapi ada wangi herbal," terang Amanda.

Akan tetapi, mengenali produk perawatan kulit hanya dari aroma bukan perkara mudah. Karena tak jarang produk perawatan kulit dari bahan sintetis juga menggunakan pewangi sintetis yang memiliki aroma dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan.

Oleh karena itu, cara paling efektif untuk membedakan produk perawatan kulti dari bahan alami dan sintetis adalah dengan melihat daftar bahan pada kemasannya. Nama-nama 'sulit' atau asing yang tertera pada kemasan bukan berarti menunjukkan bahwa bahan tersebut adalah sintetis.

"Jadi lebih ke baca ingredients sih, Google lagi (untuk mencari tahu nama bahan yang tidak dimengerti). Kalau cuma baca nama saja, kita kadang bingung atau tidak tahu," ungkap Brand Manager Sukin Indonesia Riorita Tandyputri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement