Senin 22 Apr 2019 14:44 WIB

Psikolog Bagi Kiat Membagi Perhatian ke Anak Sama Rata

Jangan lakukan si kakak harus mengalah demi perhatian ke anak lain.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anaknya
Foto: Republika/Prayogi
Ibu dan anaknya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua selalu didorong harus memberikan perhatian penuh pada anak. Hal itu mungkin saja ketika hanya memiliki satu anak, bagaimana ketika memiliki dua anak bahkan lebih?

"Ini tantangannya kalau punya beberapa anak. Mau tidak mau idealnya ialah orang tua menyediakan waktu spesial untuk masing-masing anak, bisa gantian," kata psikolog anak Chitra Annisya, MPsi.

Baca Juga

Untuk anak lebih dari satu, orang tua memang akan memiliki tentang lebih dalam memberikan perhatian. Namun, bukan berarti tidak mungkin, karena itu bisa dilakukan secara bergiliran.

Chitra mencontohkan, orang tua bisa saling bergantian menemani anak. Contoh ibu bisa menemani anak pertama dan ayah bisa membantu anak kedua, kemudian peran itu bisa ditukar.

Bagaiman kalau lebih dari dua anak? Ahli dari Tiga Generasi ini mengatakan, orang tua bisa menyiasatinya dengan membagi waktu, seperti pekan ini untuk fokus memberi perhatian lebih pada anak pertama, pekan berikutnya ke anak kedua, begitu selanjutnya.

"Hal yang perlu orang tua waspadai untuk yang memiliki beberapa anak, seringkali karena merasa kakak sudah lebih besar sehingga kakak harus dianggap mengalah pada adiknya," kata Chitra.

Kondisi tersebut tidak ideal bagi anak. Seharusnya, menurut Chitra, siapa yang salah atau yang benar itu yang dibela. Serupa dengan menghabiskan waktu, tidak serta merta kakak yang lebih besar disisihkan dan perhatian terfokus pada adiknya.

"Kakak juga butuh waktu berkualitas dengan ayah dan ibunya," ujar Chitra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement