Jumat 12 Apr 2019 13:12 WIB

Kiat Membesarkan Anak Menjadi Pemakan Sayur (2-Habis)

Ajak anak bermain dengan sayur agar dia familiar dan menjadi pemakan sayur.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Variasi sayur yang menarik akan buat anak lebih mudah makan sayur.
Foto: Pexels
Variasi sayur yang menarik akan buat anak lebih mudah makan sayur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cukup memperkenalkan makanan sayuran berulang kali dapat membantu anak-anak menjadi mau mencicipinya. Cara itu tidak menjamin anak menyukai sayur, tapi setidaknya bisa membantu anak lebih mau makan sayur.

Berikut trik lain mengajak anak makan sayur:

Baca Juga

Makan malam bersama

Anak-anak yang makan malam keluarga secara teratur, dalam atmosfernya positif dan menarik, cenderung tidak hanya mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, lebih sedikit makanan goreng dan soda, tetapi juga mungkin tidak mengejutkan, memiliki kesehatan lebih baik. Kesehatannya mencakup fisik dan mental yang lebih baik bertahun-tahun kemudian.

Ketika keluarga memberikan makanan alternatif untuk anak, maka dia belajar. Jika saya tidak makan itu, maka saya akan makan sesuatu yang lebih enak," kata Dr. Nimali Fernando, seorang dokter anak di Virginia.

"Tapi jika kita tidak memenuhi itu, mereka akhirnya akan memakan makanan yang kita taruh di depan mereka."

Menyediakan beberapa hidangan yang dapat dipilih oleh semua orang di meja, semudah semangkuk tomat ceri atau wortel cincang, akan memungkinkan anak-anak membuat pilihan tentang apa yang mereka lakukan dan tidak ingin makan.

Biarkan anak-anak bermain dengan makanan

Melanie Potock, spesialis pemberian makanan anak-anak di Longmont, Colorado, dan penulis bersama Fernando of Raising a Healthy, Happy Eater: A Parent’s Handbook, menekankan bahwa paparan dan penerimaan bahkan tidak harus berarti makan. Dia menyarankan agar anak-anak menggunakan potongan sayur sebagai balok bangunan, mengiris bit, dan membiarkan anak-anak membuat tato dari cetakan sayuran. Atau menggunakan asparagus sebagai kuas cat.

Cuci sayuran saat mereka selesai dan Anda masih bisa memasaknya sehingga Anda tidak menyia-nyiakan makanan yang baik. Seiring waktu, ini membantu membuat sayuran jadi familiar. "Itu menggerakkan jarum lebih dekat untuk mencicipinya dan menikmatinya," kata Fernando.

Memasangkan makanan baru dengan yang sudah disukai anak adalah strategi lain. Sajikan sayuran dengan saus favorit, atau masukkan paprika ke dalam hidangan yang sudah populer, dan pada akhirnya anak mungkin menyukai paprika.

Ajak anak membantu di dapur

Membiarkan anak-anak membantu di dapur juga bisa membuka pikiran mereka untuk makanan. Jika seorang anak membantu menyiapkan wortel untuk dipanggang, dan kemudian mengaturnya untuk disajikan, kata Potock, itu adalah pengalaman yang menyenangkan.

"Ketika anak-anak membawa piring itu ke meja, mereka benar-benar bangga akan hal itu. Bagian dari eksplorasi adalah memastikan orang lain di ruangan berkomentar tentang apa yang dapat mereka lakukan dengan baik, ” katanya, dilansir dari Channel News Asia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement