Jumat 05 Apr 2019 18:02 WIB

Operasi yang Dijalani Mick Jagger Lazim pada Orang Seusianya

Vokalis The Rolling Stones, Mick Jagger, disebut menjalani operasi katup aorta.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Vokalis Rolling Stones, Mick Jagger
Foto: Reuters
Vokalis Rolling Stones, Mick Jagger

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Mick Jagger mengirim permintaan maaf yang tulus kepada penggemar Rolling Stones setelah mengumumkan band ini harus menunda tur Amerika Utara. Pembatalan ini karena vokalis itu menjalani perawatan medis.

Sementara band dan perwakilan Jagger menolak untuk membocorkan perawatan apa yang diberikan, penggemar meyakini kalau rocker berusia 75 tahun sedang melakukan pemulihan penuh. Pada hari Selasa (2/4), CNN melaporkan Jagger akan menjalani operasi penggantian katup.

Baca Juga

Sedangkan Billboard pertama kali melaporkan keberhasilan operasi tersebut. Sumber terdekat mengatakan kalau Jagger sudah pulih dan dalam kondisi kesehatan yang bagus. Sedangkan perwakilan bintang itu tidak segera menanggapi untuk berkomentar.

Operasi penggantian katup, terutama penggantian katup aorta, merupakan hal umum  seiring bertambahnya usia. Asisten profesor kedokteran dan wakil direktur Pusat Kesehatan Kardiovaskular Wanita di Columbia University Medical Center Dr Jennifer Haythe menyatakan, satu dari delapan orang berusia 75 atau lebih memiliki stenosis aorta sedang hingga berat sehingga membutuhkan penggantian katup.

Stenosis aorta terjadi ketika salah satu dari empat katup di jantung yang mengontrol aliran darah mengalami kalsifikasi. Haythe mengungkapkan katup bisa menjadi stenotik, yang artinya tidak membuka dan menutup dengan baik.

"Katup aorta menjadi agak macet dan ketika itu terjadi, solusi satu-satunya adalah penggantian katup," kata Haythe, dikutip People, Jumat (5/4).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement