Kamis 07 Feb 2019 16:58 WIB

Cara Sederhana Turunkan dan Pertahankan Berat Badan

Selain olahraga, mengetahui asupan kalori juga hal penting

Rep: Rossi Handayani / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Berdiet
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pelaku diet

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan berlebihan tidak terdeteksi pada manusia, bahkan ketika asupan energi meningkat untuk memberikan kelebihan lebih dari 1.000 kalori per hari. Dalam studi ini, makan berlebihan dengan 150 persen dari kalori harian yang dibutuhkan, tidak mengubah selera peserta.

Peneliti menguji ini dengan melihat peringkat nafsu makan, dan kadar hormon spesifik yang diketahui mengatur nafsu makan, serta memeriksa asupan makanan peserta pada hari berikutnya. Temuan menunjukkan, bagaimana tubuh gagal menyesuaikan diri untuk memperhitungkan kalori tambahan ini.

Ini menunjukkan bahwa menjadi sadar akan asupan kalori adalah penting. Karena periode singkat dari makan berlebihan, secara tidak sengaja bisa cukup untuk menyebabkan kenaikan berat badan, atau mengganggu penurunan berat badan.

Beberapa bukti menunjukkan, kenaikan berat badan selama periode perayaan dipertahankan sepanjang sisa tahun ini. Dan mungkin juga bertanggung jawab untuk kenaikan tahunan tambahan berat badan. Demikian pula, makan berlebihan pada akhir pekan dapat dengan mudah membatalkan diet ketat, yang telah dipertahankan pada hari kerja.

Tetapi memahami betapa mudahnya makan berlebihan, tidak berarti bahwa penurunan berat badan tidak dapat dicapai. Bahkan, mengetahui hal ini dapat membantu menurunkan berat badan, dengan menjadi lebih sadar akan pilihan makanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement