Jumat 25 Jan 2019 05:38 WIB

Aktor Roma Batal ke Oscar karena tak Dapat Visa

Aplikasi visa Jorge Antonio Guerrero sudah ditolak tiga kali.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Indira Rezkisari
Jorge Antonio Guerrero.
Foto: dok Netflix
Jorge Antonio Guerrero.

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO – Salah satu aktor film Roma, Jorge Antonio Guerrero, diperkirakan tidak dapat dapat menghadiri acara penghargaan Oscar pada 25 Februari mendatang. Sebab, visanya untuk masuk ke Amerika Serikat telah ditolak tiga kali.

Roma, film garapan Alfonso Cuaron, diketahui mendapat 10 nominasi Oscar yang membuatnya menjadi film dengan nominasi terbanyak. Di antaranya, untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik.

Guerrero mengatakan sudah pernah melamar visa pada awal tahun lalu, bahkan sebelum Roma premier di Festival Film Venice. Saat itu, ia ingin berwisata, namun ditolak masuk. Percobaan berikutnya dilakukan Guererro saat musim gugur, ketika Roma masuk dalam penghargaan Golden Globes yang kembali berujung pada kegagalan.

Kini, Guerrero takut visanya kembali gagal ditolak, sehingga tidak dapat menghadiri acara puncak Oscar ke-91 yang rencana diadakan di California. Menurut aktor asal Meksiko itu, salah satu alasan kenapa visanya ditolak adalah dugaan dari Kedutaan Besar AS di Kota Meksiko bahwa dirinya seorang pekerja yang hendak mencari pekerjaan di Amerika.

Guerrero mengatakan, ia mencoba memahami bahwa permasalahan ini sebatas prosedur, hingga ia ditolak oleh para pewawancara visa. "Aku ingin berpikir begitu. Karena, jika kami dapat menemukan cara supaya petugas konsulat atau seseorang di kedutaan membaca surat undangan (Oscar), mereka dapat paham bahwa aku aktor dan sedang terjadi pertukaran budaya antar dua negara," ujarnya, dilansir dari Salon.com, Jumat (25/1).

Sementara itu, dua rekan pemain Guerrero, Yalitza Aparicio dan Marina de Tavira sudah dipastikan akan datang ke acara puncak Oscar. Mereka tidak mendapatkan permasalahan perizinan saat hendak pergi Amerika untuk sejumlah acara dan festival terkait film Roma.

Dalam Roma, Guerrero bermain sebagai Fermin, bocah laki-laki yang kemudian dicintai oleh Cleo, diperankan oleh Aparicio. Dalam alur cerita, Fermin dikisahkan menghilang setelah diberi tahu Cleo bahwa ia mengandung anak mereka. Selain tayang di festival, Roma dirilis secara terbatas di sejumlah bioskop AS dan secara global di Netflix.

Sepanjang perjalanan Oscar, Roma merupakan daftar peneriman nominasi film berbahasa asing terbaik ke-10 yang sekaligus nominasi film terbaik. Nominasi kategori flm terbaik diberikan khusus kepada film-film produksi AS.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement