Rabu 12 Dec 2018 07:36 WIB

Salah Ketik Huruf, Berita Julia Roberts Jadi tak Senonoh

Julia menanggapi kesalahan tersebut dengan sangat santai.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Julia Roberts
Foto: AP
Julia Roberts

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kehati-hatian saat menulis berita mutlak dipegang oleh jurnalis termasuk ketika sedang mengetik. Jika jari 'terpeleset' maka yang terjadi adalah typo atau salah mengetikkan huruf sehingga makna berita jadi melenceng.

Kejadian inilah yang menimpa surat kabar lokal The Post-Journal di Jamestown, New York. Media tersebut harus menyatakan permintaan maaf akibat salah menulis berita tentang aktris Julia Roberts. Sebenarnya, isi artikel tidak ada yang bermasalah. Artikel tersebut menceritakan bagaimana Julia memandang 30 tahun kariernya setelah debut film pertamanya.

Baca Juga

Akan tetapi, judul yang disematkan pada artikel itulah yang membuat heboh. Judul artikel tertulis 'Julia Roberts Finds Her Life and Her Holes Get Better with Age'. Artinya, Julia Roberts Mendapati Hidup dan Lubangnya Semakin Baik Seiring Bertambahnya Usia. Lubang di sini identik dengan konotasi negatif dan tidak senonoh maka tak heran judul itu pun menjadi viral.

Sadar akan kesalahan yang dibuat, media The Post-Journal pun buru-buru menayangkan ralat sehari kemudian. "Koreksi. Sebuah headline di halaman D4 seharusnya tertulis Julia Roberts Finds Her Life and Her Roles Get Better with Age," demikian ralat yang ditulis di sebuah kolom kecil. Jadi seharusnya judul yang betul adalah Julia Roberts Mendapati Hidup dan Perannya Semakin Baik Seiring Bertambahnya Usia.

Namun ralat itu sudah terlambat. Dikutip dari Fox News, berita salah ketik itu sudah menjadi buah bibir di kalangan warganet. Seorang pengguna Twitter bahkan mencolek akun The Ellen Show untuk mengabarkan typo ini.

"@TheEllenShow tak bisa dipercaya ini headline koran lokal kita. Julia Roberts akan sangat senang mengetahui lubangnya semakin baik seiring menuanya usia," tulis akun @eadavisus.

Dalam sebuah wawancara dengan Associated Press, Julia sudah diberitahu perihal kesalahan ketik tersebut. "Dengan usia yang bertambah banyak kompleksitas di bagian-bagian yang memungkinkan. Kamu tahu, aku bahagia dan bersenang-senang di rumah. Jadi butuh butuh waktu bagi seseorang untuk berkata: 'Lihat, kamu bisa memainkan bagian ini di mana kamu bahagia dan bersenang-senang.' Well, aku lakukan saja di rumah!" kata bintang film Pretty Woman ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement