Rabu 28 Nov 2018 08:03 WIB

Pencipta SpongeBob Wafat, Ini Pesan Menyentuh Nickelodeon

Steve sebelumnya adalah guru dan membuat karakter makhluk laut untuk mengajar

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pencipta tokoh kartun SpongeBob SquarePants, Stephen Hillenburg. Kabar ini disampaikan oleh jaringan televisi Nickelodeon pada hari Selasa (27/11).
Foto: AP/CHARLES SYKES
Pencipta tokoh kartun SpongeBob SquarePants, Stephen Hillenburg. Kabar ini disampaikan oleh jaringan televisi Nickelodeon pada hari Selasa (27/11).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pencipta tokoh kartun SpongeBob SquarePants, Stephen Hillenburg adalah sosok yang membawa dunia bawah laut dengan versi kartun bajak laut Bikini Bottom ke televisi, film dan panggung, telah meninggal dunia pada usia 57 tahun. Kabar ini disampaikan oleh jaringan televisi Nickelodeon pada hari Selasa (27/11).

Tahun lalu, Hillenburg mengatakan bahwa dia menderita penyakit neurodegeneratif ALS, yang juga dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig. Dia meninggal pada hari Senin (26/11).

"Kami sangat sedih dengan berita bahwa Stephen Hillenburg telah meninggal dunia setelah melawan penyakit ALS yang dideritanya. Dia adalah seorang teman yang sangat dicintai dan mitra kreatif lama untuk semua orang di Nickelodeon, dan hati kami pergi ke seluruh keluarganya," kata perwakilan Nickelodeon dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters, Rabu (28/11).

Hillenburg adalah seorang guru biologi kelautan di Southern California, Amerika Serikat. Kemudian dia mulai menciptakan makhluk laut sebagai alat pengajaran.

Episode pertama SpongeBob SquarePants ditayangkan di televisi AS pada Mei 1999 yang menampilkan spons laut kuning ceria, yang tinggal di rumah berbentuk nanas di bawah laut. Adapula teman-temannya Mr. Krabs si kepiting, Larry si lobster, Patrick bintang laut, dan tempat nongkrong mereka di restoran Krusty Krab. 

Serial ini terus memenangkan beberapa penghargaan, menghasilkan serangkaian buku spin-off, dua film Hollywood dan musikal Broadway. Serial televisi SpongeBob SquarePants juga telah ditayangkan di lebih dari 200 negara dan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 60 bahasa.

"Steve memberikan SpongeBob SquarePants dengan rasa humor dan kepolosan yang unik yang telah membawa sukacita bagi generasi anak-anak dan keluarga di mana-mana," ungkap Nickelodeon.

Pihak Nickelodeon juga menambahkan, karakter Stephen Hillenburg yang benar-benar asli dan dunia Bikini Bottom akan terus menjadi pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi tanpa batas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement