Senin 19 Nov 2018 16:30 WIB

Catat, Ini Rentang Waktu Setiap Film dalam Dunia Marvel

Latar waktu Iron Man ternyata tahun 2010 meski filmnya diluncurkan 2008

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Film Avengers: Infinity War.
Foto: Daily Mail
Avenger Infinity War

Pengaturan waktu ini ternyata termaktub dalam buku Marvel Studios: The First 10 Years. Di bawah bendera penerbit Titan, mereka mencoba merangkai pengaturan waktu tersebut. Sehingga penggemar dapat menjelajahi seluruh sejarah dari yang terjadi dan mengarah ke peristiwa yang terlihat dalam Avengers: Infinity War.

Hal yang cukup menarik adalah,  cerita Iron Man memiliki latar waktu dua tahun lebih cepat dari tanggal perilisan filmnya, yaitu tahun 2008. Garis waktu ini juga menunjukkan, peristiwa Iron Man 2 dan Thor pertama terjadi secara bersamaan dalam tahun yang sama.

Sebelum perilisan pengaturan waktu tersebut, sutradara James Gunn juga pernah menyinggung dua film Guardian of the Galaxy berlangsung cukup dekat satu sama lain. Film tersebut memiliki alur cerita yang terjadi pada tahun 2014, artinya empat tahun sebelum Avengers: Infinity War.  

Dari derertan pengaturan waktu, kalau diteliti lagi, ada satu film MCU yang tidak masuk daftar pengaturan waktu, yaitu Ant-Man and The Wasp. Film ini diduga terjadi dua tahun setelah Captain America: Civil War, yang akan menempatkannya pada 2018. Namun, adegan pasca-kredit sejalan dengan peristiwa dalam Infinity War, yang menurut garis waktu ini, berlangsung pada tahun 2017. 

Ada lompatan waktu antara akhir dari Ant-Man 2 dengan adegan pascakredit. Namun, itu diperkirakan hanya berminggu-minggu, kalau bukan hari, dari yang terlihat dalam film. Dialog dalam Infinity War juga menunjukkan kalau itu telah terjadi dua tahun setelah Civil War.

Diharapkan Avengers 4 akan menampilkan lompatan waktu yang sangat signifikan. Ketika  Cassandra Lang yang lebih dewasa mengambil alih peran ayahnya, Scott Lang, alias Ant-Man, atau masa depan di mana Tony Stark dan Pepper Potts menikah dan memiliki anak. 

Namun, dugaan itu  belum terkonfirmasi. Sebab, Avengers 4 diduga akan membuat jalan cerita putar balik untuk mengunjungi momen-momen penting dari beberapa film ini, mengubah apa yang sudah diketahui untuk menjadi MCU.

Kalau hal itu benar terjadi, ini seperti peristiwa yang dilakukan dalam cerita X-Men: Days of Future Past tahun 2014. Film tersebut mencoba membuat pengaturan waktu ulang dengan kembalinya beberapa karakter ke masa lalu dan mencoba memperbaiki cerita di masa depan.

Hanya saja, setelah pengaturan ini selesai, cerita X-Men dengan pemeran lawas justru tidak berlanjut kembali. Angsuran X-Men digantikan dengan pemeran versi lebih muda dengan perilisan X-Men: Apocalypse tahun 2016 dengan aturan waktu cerita yang kembali ke masa lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement