Selasa 06 Feb 2024 12:44 WIB

Robert Downey Jr ‘Kalah’ dari Cillian Murphy, Kehilangan Peran ini di Film Batman Begins

Robert Downey Jr pernah ikut casting sebuah peran di film Batman Begins.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Robert Downey Jr saat berperan sebagai Iron man. Robert pernah ikut casting dalam film Batman Begins. Namun dia kalah dari aktor Cillian murphy.
Foto: AP
Robert Downey Jr saat berperan sebagai Iron man. Robert pernah ikut casting dalam film Batman Begins. Namun dia kalah dari aktor Cillian murphy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah wawancara baru, lawan main Cillian Murphy di film Oppenheimer, Robert Downey Jr mengungkapkan bahwa dia pernah bertemu sutradara Christopher Nolan untuk peran Scarecrow di film Batman Begins. Tetapi dia kalah dari Murphy. 

Dalam video yang dibagikan oleh Griffin Schiller di X (sebelumnya Twitter) pada presentasi American Cinematheque untuk Oppenheimer, Downey mengungkapkan bertemu dengan Nolan untuk mendiskusikan peran tersebut. Pria kelahiran 1965 ini mengatakan, meskipun pertemuan tersebut berlangsung ramah, dia segera mengetahui bahwa Nolan benar-benar tidak suka memasukkannya ke dalam peran itu. 

Baca Juga

“Kemudian saya bertemu dengannya untuk minum teh dan saya merasa, dia sepertinya tidak terlalu tertarik pada wawancara ini. Dia sopan dan sebagainya, tetapi Anda mengetahui jika seseorang bersikap seperti itu, hal itu tidak akan berhasil,” ujar Downey, dilansir Collider, Selasa (6/2/2024). 

Sebelumnya, Murphy mengikuti audisi untuk peran Bruce Wayne dalam trilogi Dark Knight karya Nolan. Dia mendapatkan peran penjahat, yaitu Dr Jonathan Crane, yang juga dikenal sebagai Scarecrow. Hal itu, pada gilirannya, menyebabkan Nolan akhirnya memberi Murphy peran utama dalam salah satu filmnya, Oppenheimer, tahun lalu, yang mungkin akan membuat aktor asal Irlandia itu memenangkan Oscar pertamanya. 

 

Apakah Robert Downey Jr menyesal tak main film Batman Begins?

Tentu saja, sejarah akan menunjukkan bahwa keputusan tersebut adalah yang terbaik bagi semua pihak. Downey kemudian meraih kesuksesan besar sebagai Tony Stark atau Iron Man di Marvel Cinematic Universe dan menjadi aktor dengan bayaran tertinggi di Hollywood, sementara trilogi Dark Knight karya Nolan secara luas dianggap sebagai adaptasi buku komik terbaik dalam sejarah. Murphy dan Downey tampil bersama di layar dalam adegan-adegan singkat mereka bersama di Oppenheimer dan tidak akan mengeluh tentang pilihan-pilihan yang dibuat 20 tahun lalu. Karakter mereka memiliki alur yang sangat berbeda. 

Oppenheimer menampilkan Downey Jr sebagai Lewis Strauss, dan dia menerima nominasi Aktor Pendukung Terbaik di Academy Awards ke-96 atas penampilannya dalam film tersebut. Downey dianggap sebagai kandidat terdepan untuk membawa pulang piala Oscar pertamanya. Selain itu, Oppenheimer dinominasikan untuk total 13 Academy Awards, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik untuk karya Nolan dalam film tersebut, dan dianggap sebagai favorit untuk membawa pulang hadiah-hadiah tersebut. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement