Senin 19 Nov 2018 06:35 WIB

Cek Kesehatan Sederhana untuk Pria, Cuma Butuh Lima Menit

Memeriksakan kesehatan wajib dilakukan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ani Nursalikah
Pria juga disarankan memeriksakan dirinya secara rutin untuk menjaga kesehatan jangka panjangnya.
Foto: Pixabay
Kesehatan pria mencakup berbagai aspek.

Buka Lebar Mulut

Basahi mulut Anda dan gerakkan lidah Anda ke dalam. Apakah Anda merasakan rasa semacam logam? Bisa jadi karena obat jika Anda meminumnya, tetapi bisa juga karena penyakit gusi atau bahkan kekurangan seng. Rasa logam yang terus-menerus di dalam mulut harus diselidiki oleh dokter.

Jangan mengabaikan bau napas. Salah satu cara sederhana untuk mengetahui apakah Anda memiliki bau mulut adalah coba jilat bagian dalam pergelangan tangan Anda, tunggu beberapa detik dan kemudian cobalah mengendus. Bau mulut yang persisten merupakan indikator dari banyak kondisi, mulai dari kondisi gastrointestinal hingga diabetes.

Periksa Tangan

Anda cenderung tidak memberikan banyak perhatian pada tangan, tapi ada kondisi umum yang jika tidak ditangani, dapat secara serius mempengaruhi mobilitas dan pergerakan Anda. Untuk memastikan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, regangkan kedua tangan di depan Anda, telapak tangan menghadap ke atas. Tekuk semua jari ke telapak tangan untuk membuat kepalan tangan, lalu regangkan lagi.

Apakah Anda memiliki masalah meluruskan jari? Jika demikian, itu bisa menjadi tanda dari Dupuytren's contracture, suatu kondisi umum dimana jaringan kulit di tangan menebal dan kaku secara bertahap.

Selanjutnya, jalankan jari Anda di kulit telapak tangan Anda. Jika Anda merasakan benjolan, ini juga bisa menjadi tanda-tanda Dupuytren. Kondisi ini bisa disembuhkan oleh dokter.

Periksa penis

Pria enggan pergi ke dokter saat sehat. Namun, ketika muncul masalah soal kelamin, kita menjadi lebih tertutup. Penting kita mengetahui apa yang normal mengenai alat kelamin kita. Bahkan lebih penting lagi untuk mencari saran medis jika hal-hal mulai berubah.

Salah satu pemikiran untuk mempengaruhi hingga tujuh persen populasi pria global adalah penyakit Peyronie. Ini adalah kondisi yang menyebabkan penis menekuk ketika mengalami ereksi. Tidak mengherankan hal itu bisa membuat seks terasa menyakitkan dan kadang mustahil.

Jadi jika Anda melihat penis Anda membungkuk lebih dari biasanya atau Anda merasakan benjolan pada batang penis Anda, yang bisa menjadi penumpukan jaringan parut, sampaikan kekhawatiran Anda langsung ke dokter umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement