Jumat 12 Oct 2018 06:03 WIB

11 Taktik Optimalkan Daya Ingat dalam Sebulan

Lupa merupakan proses alami.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nur Aini
Daya ingat (ilustrasi)

6. Istirahatkan diri dari alat elektronik. Ponsel, tablet, dan laptop adalah alat yang penting dalam kehidupan saat ini. Namun untuk beberapa alasan, seringkali alat-alat itu memecah konsentrasi dan menyebabkan otak tidak bisa berpikir dengan jernih.

7. Tidur yang berkualitas. Dengan ritme kehidupan modern yang menggila, tidur dengan durasi delapan jam menjadi hal yang langka. Namun kenyataannya, tidur malam yang nyenyak sangat penting tidak hanya bagi kesehatan mental dan kesejahteraan secara umum tapi juga memiliki efek pada ingatan. Otak membutuhkan tidur untuk mengkonsolidasikan memori dan menumbuhkan sel-sel baru.

8. Hindari stres. Stres seringkali berhubungan dengan kerja dan pendidikan. Fakta lain, stres tidak baik untuk ingatan manusia. Ketika sedang stres, otak kemungkinan kecil dapat menerima infomasi baru dan cenderung lebih mungkin melupakan apapun informasi yang didapat. Meditasi menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengurangi stres. Cara ini juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan mood dan meningkatkan fokus.

9. Perhatikan pola diet. Diet yang seimbang terdiri dari makanan sehat memiliki efek positif pada ingatan, bahkan beberapa makanan memiliki manfaat yang besar. Sayuran hijau, rumput laut, buah beri, kacang-kacangan, minyak zaitun dan minyak kelapa, alpukat, dan kunyit adalah jenis makanan yang kaya akan komponen peningkat kemampuan otak seperti lemak tak jenuh dan asam lemak omega-3.

Selain makan makanan yang sehat, pertimbangkan pula untuk menghindari lemak trans dan gula. Bahan makanan ini terbukti membawa efek negatif pada otak dan kesehatans ecara umum.

10. Latihan ringan. Diet sehat sangat bermanfaat bagi fungsi otak yang sehat. Gabungan diet sehat dengan olahraga teratur menjadi kombo yang sangat baik. Aktivitas fisik teratur bahkan yang ringan seperti jogging atau jalan cepat dapat meningkatkan ukuran bagian otak yang terlibat untuk ingatan dan pembelajaran.

11. Cobalah permainan dan aplikasi pelatihan otak. Ada ribuan aplikasi dan permainan kebugaran otak tersedia, hal ini layak dicoba untuk meningkatkan kemampuan otak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement