Senin 09 Jul 2018 18:28 WIB

Hilangkan Jerawat dengan Pijatan di Wajah

Pijatan juga bisa menurunkan stres

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ani Nursalikah
Pijat Wajah cegah penuaan dini
Foto: Beauty
Pijat Wajah cegah penuaan dini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memakai produk perawatan kulit wajah atau mengonsumsi obat-obatan tertentu bukanlah satu-satunya cara menghilangkan jerawat. Cara lain yang cukup ampuh dengan memberikan pijatan pada wajah.

"Pijatan mengurangi cairan yang berlebih pada wajah, menghilangkan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi. Pijatan juga bisa menurunkan stres," kata pakar perawatan wajah Sadie Adams dikutip Women's Health.

Untuk memberikan pijatan pada wajah, ada beberapa hal yang harus disiapkan. Sebelumnya, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Siapkan juga serum atau minyak khusus wajah.

Pertama, gunakan jari telunjuk dan jempol untuk memijat kulit pada bagian bawah wajah, dimulai dari tengah dagu dan tarik ke arah bawah telinga. Gerakan ini akan membersihkan aliran tersumbat penyebab pembengkakan.

Gerakan selanjutnya, gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat bagian atas wajah mulai dari kening dan tarik ke pelipis. Kemudian ikuti dengan gerakan menekan bawah tulang pipi.

Lalu, gunakan jari manis untuk memijat tulang alis dan beri sedikit tekanan hingga ke sudut mata. Ikuti gerakan yang sama pada bagian bawah mata. Teknik ini akan memompa keluar cairan limfatik untuk mengurangi pembengkakan. Gerakan ini juga dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata.

Terakhir, letakkan jempol pada pelipis dan gunakan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis untuk melakukan gerakan memutar pada kening. Gerakan ini dapat membantu mengurangi ketegangan serta meminimalkan garis wajah seperti kerutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement