Kamis 24 May 2018 09:13 WIB

Cara Terbaik Menyimpan Sisa Tahu

Ganti air rendaman tahu setiap hari untuk menjaga kesegarannya.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Tahu segar sebelum dimasak.
Foto: ist
Tahu segar sebelum dimasak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sering kali saat memasak tidak semua bahan habis tanpa sisa, termasuk tahu. Makanan tersebut memang menjadi hidangan utama atau sampingan yang sering ada dan selalu disisakan, bahkan distok dalam dapur.

Ketika bersisa atau dicadangkan, perlu sebuah metode penyimpanan yang baik. Tujuannya agar kualitas tahu tetap laik makan. Tempat terbaik untuk menyimpan tahu bergantung pada kapan akan digunakan.

Kalau berencana memasaknya dalam sepekan atau lebih, sebaiknya simpan di kulkas. Lebih lama dari itu, tentu saja tempat terbaik untuk menyimpannya ada di dalam freezer.

Baca juga: Uniknya Sambal Daun Koja Berpadu Daun Melinjo

Untuk menyimpan tahu dalam kulkas, sebaiknya masukkan pada wadah tertutup dan rendam dalam air. Atau kalau tidak memiliki wadah tertutup, bisa menggunakan wadah terbuka dan masukan dalam plastik. Jangan lupa ganti air setiap hari agar tetap lembap dan segar.

Soal menyimpan tahun dalam freezer, ya memang bisa. Tidak perlu heran. Tahu beku bisa bertahan hingga tiga bulan.

Cukup potong tahu menjadi potongan kecil dan bekukan di atas loyang berlapis perkamen. Kemudian, pindahkan tahu ke wadah atau kantong freezer kedap udara.

Sebelum memasak, pindahkan lebih dahulu tahu yang beku ke kulkas. Kemudian, setelah cukup lunak, coba sedikit peras air yang berlebihan dari dalam tahu selama proses pembekuan.

Tahu yang telah dibekukan sebelumnya akan memiliki tekstur yang lebih keras dan lebih kenyal. Sehingga, beberapa koki sebenarnya lebih suka tahu segar untuk masakan dengan bumbu. Tahu yang dibekukan lebih cocok untuk digoreng dari[ada ditumis, dikutip dari the Kitchn, Rabu (23/5).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement