Jumat 04 May 2018 14:51 WIB

Lima Kebiasaan Penyebab Bibir Gelap

Perawatan bibir kerap diabaikan membuat warnanya perlahan menggelap.

Rep: Noer Q Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Kesehatan bibir bisa dijaga dengan beragam cara hingga warnanya tidak menggelap.
Foto: EPA
Kesehatan bibir bisa dijaga dengan beragam cara hingga warnanya tidak menggelap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bibir merah muda adalah fiturmenarik dari wajah seseorang. Bibir yang sehat menambah pesona setiap wanita dan pria.

Tapi ada beberapa faktor seperti penuaan, kerusakan akibat sinar matahari, dapat benar-benar mempengaruhi bibir. Hingga mengubahnya menjadi gelap seiring berjalannya waktu.

Sebelumnya pernahkah bertanya-tanya apa penyebab bibir gelap? Berikut ini merupakan lima kebiasaan yang membuat bibir lebih gelap secara perlahan.

Tidak melembabkan bibir

Bibir kering dan pecah-pecah dapat menyebabkan perubahan warna bibir. Seperti dikutip dari Times of India, Jumat (4/5), menghidrasi bibir dinilai sangat penting. Oleskan lip balm yang baik untuk menyehatkan bibir. Carilah bahan-bahan seperti cocoa butter, shea butter, danlain-lain

Tidak melepaskan kulit mati

Lapisan luar bibir cenderung kehilangan kelembaban dengan mudah, sebab merupakan lapisan kulit paling tipis di wajah. Untuk menghilangkan bibir pecah-pecah dan kering, Anda harus melakukan eksfoliasi secara teratur untuk mengangkat kulit mati dan menjaga bibir tetap sehat.

Tidak menggunakan tabir surya

Sama seperti kulit, bibir juga bisa terpengaruh efek sinar matahari. Oleskan lip balm yang memiliki SPF 30 sebelum keluar rumah untuk melindungi bibir dari sinar UV.

Merokok

Bibir gelap juga bisa disebabkan karena merokok. Begitu menghirup asap rokok, nikotin dan tar akan berpindah ke bibir yang akhirnya menyebabkan perubahan warna.

Kurangnya perawatan bibir

Kita cenderung mengabaikan perawatan bibir, mulai dari pelembab hingga pengelupasan kulit. Untuk memperbaiki penampilan bibir, bisa memijatnya dengan minyak almond setiap malam. Pemijatan yang teratur akan membantu mengatur aliran darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement