Jumat 29 Nov 2019 13:28 WIB

Cara Merawat Warna Bibir yang Gelap

Warna bibir bisa jadi indikasi kondisi kesehatan.

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Warna bibir menentukan jenis perawatan yang tepat.
Foto: Pixabay
Warna bibir menentukan jenis perawatan yang tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti warna kulit, masing-masing orang bisa memiliki warna bibir yang berbeda. Dilansir Indian Express, sebenarnya tidak ada warna yang menunjukkan suatu kondisi lebih sehat.

Meski demikian, perubahan warna atau kondisi bibir bisa menjadi indikasi bahwa ada perawatan yang dibutuhkan untuk mengatasinya. Seperti warna bibir yang menjadi lebih gelap dari waktu ke waktu karena berbagai faktor, seperti medis dan gaya hidup yang dimiliki.

Baca Juga

Beberapa penyebab warna bibir bisa berubah menjadi gelap di antaranya adalah :

1. Paparan sinar matahari yang meningkat, sehingga menyebabkan peningkatan produksi melanin di kulit dan pada akhirnya memicu pigmentasi.

2. Merokok dapat menyebabkan melanosis, masalah pigmentasi yang umum di kalangan orang-orang yang mengonsumsinya, khususnya jika dalam jumlah sangat berlebihan.

3. Respons alergi terhadap produk tertentu, seperti pasta gigi dan lipstik dapat menyebabkan hiperpigmentasi di bibir.

Karena itu, juga terdapat beberapa cara untuk mengatasi dan mencegah bibir menjadi gelap, yang biasanya juga dapat disertai dengan kering dan pecah-pecah:

1. Gunakan jus lemon

Lemon dikenal dengan manfaatnya yang dapat mencerahkan kulit. Karena itu, buah berwarna kuning ini juga bisa berfungsi untuk mengatasi bibir yang gelap.

Pertama, gosokkan beberapa tetes jus lemon segar di bibir Anda sebelum tidur setiap malam. Bilas di pagi hari dengan air hangat. Anda juga bisa menambahkan madu untuk mendapatkan manfaat lebih banyak.

2. Delima

Delima dapat mengembalikan warna alami bibir. Ambil satu sendok makan biji delima dan tumbuh, kemudian campurkan dengan susu untuk membuat seperti pasta gigi yang kental.

Gosokkan pasta yang dibuat dari biji delima dan susu ke bibir, diamkan selama dua hingga tiga menit dan bilas. Selain itu, Anda juga mencampur buah delima dengan jus buah lainnya untuk mendaptkan kembali warna bibir yang alami.

Caranya, giling satu sendok makan biji delima, kemudian campur bit dan jus wortel. Gosokkan campuran bahan-bahan ini di bibir dan diamkan, seperti halnya menggunakan lipstik.

3. Kentang

Kentang mengandung catecholase, enzim alami yang dikenal dapat mengurangi gelap, serta bekas luka yang menonjol. Oleskan seiris kentang di bibir sebelum tidur, kemudian diamkan dan cuci bibir di pagi hari dengan air hangat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement