Selasa 14 Jan 2020 06:12 WIB

Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh dari Warna Bibir

Warna bibir berubah menjadi berwarna putih pucat itu tanda tubuh mengalami anemia.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Foto: bustle.com
Foto: bustle.com

CEKNRICEK.COM -- Warna bibir alami tiap orang berbeda-beda. Ada bibir dengan warna pink, merah, hingga sedikit kehitaman. Jika diperhatikan, sebenarnya warna bibir Anda akan berubah setiap hari karena dipengaruhi oleh kondisi kesehatan di dalam tubuh. 

Bibir berwarna putih pucat, misalnya, biasa terlihat pada orang yang sedang sakit. Jika warna bibir Anda berubah menjadi berwarna putih pucat, itu tandanya tubuh sedang mengalami anemia. 

Anemia merupakan kondisi tubuh ketika kekurangan sel darah merah. Jika Anda menemukan warna bibir berubah menjadi berwarna putih pucat, maka baiknya mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak zat besi, seperti brokoli, daging merah dan kacang merah.

Bibir berwarna putih pucat juga bisa menjadi indikasi adanya gangguan pada sistem pencernaan. Biasanya gejala ini dibarengi pula dengan tangan dan kaki yang berubah suhu menjadi lebih dingin. Ketika mengalami gejala ini, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan-makanan yang bisa menghangatkan perut, seperti sup labu, daging asap, atau buah mangga.

Berikut beberapa warna bibir lainnya yang bisa dijadikan indikasi kondisi kesehatan tubuh Anda. 

Warna Merah Terang

Beberapa orang terlahir dengan warna bibir merah terang. Namun bagi sebagian orang, warna bibir merah terang dapat pula menandakan adanya gangguan pada tubuh. Bibir berwarna ini bisa jadi merupakan tanda jika tubuh sedang kelaparan. Tubuh sedang memerlukan makanan ringan (snack) untuk membantu menyeimbangkan metabolisme di dalam tubuh.

Bibir warna merah terang bisa juga menjadi tanda jika suhu di dalam tubuh Anda terlampau panas. Warna merah terang pada bibir dapat pula mengindikasikan jika liver dan limpa dalam tubuh sedang bekerja dengan sangat keras. 

Untuk mengatasinya, Anda harus bisa menyeimbangkan kondisi tubuh dengan istirahat yang cukup dan juga menghindari stres. Suhu panas dalam tubuh bisa diatasi dengan makanan yang bisa mendinginkan suhu tubuh, seperti mentimun dan madu.

Warna Merah Tua

Tak hanya warna merah terang yang bisa dijadikan indikasi kesehatan tubuh Anda, bibir dapat pula berubah menjadi merah tua ketika Anda sedang mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Dalam kasus ini, gangguan sistem pencernaan biasanya muncul karena terlalu banyak konsumsi makanan olahan. 

Baca Juga: Terapi Akupuntur Efektif Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Untuk mengatasinya, maka Anda dapat mengganti menu makanan olahan dengan makanan-makanan yang lebih mudah untuk dicerna seperti bubur, ubi, tahu dan juga air lemon.

Warna Ungu Kehijauan

Bibir berwarna ungu kehijauan dapat mengindikasikan adanya masalah yang cukup serius pada jantung dan sistem pernafasan. Jika warna bibir Anda berubah menjadi warna ungu kehijauan, ada baiknya segera bertemu dan berkonsultasi dengan dokter.

Warna Pink Cerah

Bila Anda memiliki bibir berwarna pink cerah, selamat. Itu tandanya tubuh kamu sedang berada pada kondisi yang sangat sehat.

Garis Luar Bibir Berwarna Ungu Kehitaman

Selain warna bibir secara keseluruhan, ternyata perubahan warna pada garis luar bibir juga dapat menandakan adanya gangguan pada tubuh. Ketika garis luar bibir berubah menjadi warna ungu kehitaman, maka tandanya Anda sedang mengalami ketidakseimbangan suhu di dalam tubuh. 

Tubuh Anda dapat mengalami kondisi di mana suhu dingin dan suhu panas muncul secara bersamaan. Pada wanita, kondisi ini biasanya muncul ketika masa menstruasi. Ketika mengalami menstruasi, suhu di dalam tubuh Anda akan meningkat. Maka dari itu, ada baiknya menghindari makanan-makanan pedas ketika mengalami menstruasi.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement