Ahad 29 Apr 2018 16:57 WIB

Menjumpai Penguin dan Satwa Laut Asli di dalam Mal

Jakarta Aquarium memiliki 600 satwa serta ribuan ikan endemik Indonesia.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Pengunjung melihat koleksi hewan laut di Jakarta Aquarium.
Foto: Republika/Christiyaningsih
Pengunjung melihat koleksi hewan laut di Jakarta Aquarium.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menikmati keindahan alam bawah laut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah mengunjungi 'potongan dunia laut' yang dibawa ke daratan dalam bentuk akuarium raksasa.

Berpengalaman sebagai pusat konservasi alam dan satwa Indonesia sekaligus pusat rekreasi keluarga selama 30 tahun, Taman Safari Indonesia menghadirkan Jakarta Aquarium. Sarana edutainment ini terletak di mal Neo Soho yang terhubung langsung dengan Central Park.

Sebagai pusat konservasi satwa laut maupun darat, terdapat 600 satwa serta ribuan ikan endemik Indonesia di Jakarta Aquarium untuk dinikmati dan dipelajari pengunjung. Wahana yang merupakan hasil kerja sama dengan Aquaria KLCC Malaysia ini menawarkan 12 zona edutainment.

Jadilah bila selama ini hanya melihat penguin di televisi, maka di Jakarta Aquarium bisa dilihat pinguin asli meski itu di dalam mal. Penguin dalam Jakarta Aquarium adalah pinguin humboldt yang hidup di wilayah subtropis. "Ruangan tempat hidup pinguin sudah disetel dengan suhu 18 derajat celcius," kata pemandu dari Education Life and Science, Affalia Maydi Hatika.

Bagi yang penasaran ingin menyentuh bintang laut dan ikan pari, langkahkan saja kaki ke zona Touch and Found. Semua dijamin aman karena didampingi oleh para ahli (aquaris). Pengunjung yang ingin merasakan sensasi berpetualang di bawah laut dengan menggunakan kapal selam bisa mencoba di zona Submarine.

Keindahan serta keunikan cahaya ubur-ubur pun bisa dinikmati di Jakarta Aquarium tepatnya di zona Jellyfish. Selain itu, keperkasaan bermacam hiu mulai dari nurse shark, white tip shark, black tip shark, hingga giant grouper dapat dijumpai di zona South Sea Gallery. Jika sudah puas menjelajah lautan, pengunjung diajak mengamati aneka satwa darat asli Indonesia seperti kura-kura, kukang, iguana, dan landak di zona River of Indonesia.

Di zona Island of Indonesia, pengunjung diajak melihat deretan pulau-pulau di Tanah Air dari Sabang sampai Merauke serta melihat beberapa satwa endemik seperti red tegu. "Sejak dibuka setahun lalu Jakarta Aquarium rata-rata didatangi 1.000 pengunjung setiap harinya," ungkap Marketing Manager Jakarta Aquarium Dada Sabra Sathilla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement