Senin 23 Apr 2018 00:16 WIB

Kewaspadaan Diabetes Harus Terus Diingatkan

Masyarakat sering tak sadar dengan asupan gula yang dikonsumsi.

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Minuman manis memang enak, tapi waspadai dampaknya bagi kesehatan.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Minuman manis memang enak, tapi waspadai dampaknya bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdekatan dengan momen Hari Kesehatan Dunia, Tropicana Slim menggelar kampanye #BeatDiabetes serentak di 21 kota Indonesia. Kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan ancaman diabetes ini diikuti oleh sekitar 18 ribu orang peserta.

"Kami sangat senang melihat semakin besarnya antusiasme masyarakat Indonesia untuk hidup sehat dan melawan diabates," ungkap Head of Marketing Tropicana Slim Susana saat ditemui dalam kampanye #BeatDiabetes di area Car Free Day, Ahad (22/4).

Kampanye #BeatDiabetes diisi dengan sesi edukasi dan konsultasi kesehatan, senam sehat hingga cek gula darah. Tak hanya itu, Tropicana Slim juga menggandeng rekanan restoran dan kafe untuk berpartisipasi dalam festival makanan dan minuman bebas/rendah gula.

Susana berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membatasi konsumsi gula dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang bisa dilakukan untuk membatasi dan menjaga asupan gula agar tidak berlebih adalah mengganti gula pasir dengan gula pengganti.

Kesadaran ini penting untuk dimiliki karena masyarakat seringkali tak sadar akan jumlah gula yang mereka konsumsi. Sangat mudah bagi masyarakat untuk mengonsumsi gula melebihi jumlah yang dianjurkan, yaitu empat sendok makan per hari.

"Pagi minum teh manis, gulanya dua sdm, jajanan pasar sepotong kira-kira satu sdm, siang-siang es teh manis dua sdm lagi. Sudah melewati (anjuran asupan gula)," tambah Susana.

Selain memperhatikan asupan gula, upaya pencegahan diabetes mellitus juga bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Aktivitas fisik seperti berjalan kaki sebaiknya dilakukan minimal 30 menit dalam satu hari. Hal lain yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah mengecek kadar gula darah hingga kolesterol secara berkala.

"Kita harus terus-menerus diingatkan karena penderita diabetes terus meningkat dan usia penderita semakin muda," jelas Susana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement