Sabtu 14 Apr 2018 05:10 WIB

Kebiasaan Sederhana yang Merusak Gigi

Menggigit kuku dan mengunyah es di antaranya.

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra
Mengunyah es batu (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Mengunyah es batu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak hal yang dilakukan  sehari-hari, sebenarnya dapat merusak kesehatan mulut tanpa disadari. Oleh karena itu, mengidentifikasi hal-hal dan kebiasaan yang mungkin menyakiti gigi atau menyebabkan masalah gigi tidak hanya akan membuat gusi dan mulut sehat, tetapi juga menghemat biaya medis dan perawatan gigi yang lebih besar.

Berikut ini kebiasaan yang mungkin tampaknya tidak berbahaya, namun dapat merusak kesehatan mulut dan gigi:

1. Menggemeretakan gigi

Menggemeretakan, mengunyah, mengatup, dan menggeser-geserkan gigi atau dikenal sebagai bruxism sering disebabkan karena stres dan kebiasaan tidur. Menurut National Dental Care seperti dikutip di laman Times Now News, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gigi patah atau gigi retak sehingga membutuhkan pemasangan mahkota atau penggantian gigi dengan implan gigi.

Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan nyeri pada wajah dan komplikasi kesehatan mulut lainnya. Jika hal ini masih terus dilakukan saat tidur, WebMD menyarankan untuk memakai pelindung mulut di malam hari sehingga membantu mencegah kerusakan gigi.

2. Menggigit kuku

Menggigit kuku adalah kebiasaan umum lainnya yang dapat merusak kesehatan mulut. Kebiasaan ini sulit dihilangkan dan dapat menyebabkan kerusakan besar pada gigi. Menggigit kuku secara berlebihan juga dapat memindahkan kuman dari tangan dan jari ke mulut, sehingga membuat seseorang rentan terhadap infeksi.

3. Mengunyah Es

Enamel gigi dianggap sebagai zat terkuat dalam tubuh manusia. Tetapi melakukan kebiasaan ini secara teratur dapat mengikis enamel gigi serta meningkatkan risiko retak atau retak gigi karena es batu dapat menyebabkan kerusakan pada gigi karena suhu dan teksturnya yang rapuh. Sehingga disarankan seseorang harus minum minuman tanpa es yang benar-benar dingin.

4. Memakan banyak jeruk

Lemon mengandung vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk detoksifikasi dan penurunan berat badan. Tetapi beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan sitrat dalam buah jeruk, terutama lemon, dapat mengikis lapisan gigi dan menyebabkan seseorang mengalami sensitivitas gigi. Oleh karena itu, disarankan untuk berkumur-kumur setelah minum air jeruk asam untuk mencegah kerusakan pada gigi.

5. Cemilan terus menerus

Hal ini tidak hanya buruk untuk berat badan, tetapi juga untuk gigi. Dengan mengunyah terus menerus terutama pada makanan dan minuman manis. Hal ini dapat mengakibatkan risiko gigi berlubang. Untuk itu, perlu makan makanan yang sehat dan seimbang agar membantu menghindari kebiasaan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement