Jumat 05 Jan 2018 08:41 WIB

Innalillahi, Musisi Yon Koeswoyo 'Koes Plus' Tutup Usia

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
Suasana rumah duka vokalis Koes Bersaudara yang kemudian dikenal dengan Koes Plus Yon Koeswoyo di Jalan Salak Raya, Pamulang, Jumat (5/1).
Foto: Dwina Agustin/REPUBLIKA
Suasana rumah duka vokalis Koes Bersaudara yang kemudian dikenal dengan Koes Plus Yon Koeswoyo di Jalan Salak Raya, Pamulang, Jumat (5/1).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Salah satu musisi legendaris Indonesia, Yon Koeswoyo, tutup usia pada Jumat (5/1) pagi. Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh Pengamat Musik Bens Leo.

"Saya dapat berita duka dari Mas Nomo Koeswoyo (kakak almarhum, Red) tadi pagi. Turut berduka cita, sebuah kehilangan besar," kata Bens kepada Republika.co.id.
 
Informasi yang disampaikan pihak keluarga, Yon mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 05.30 WIB. Selama dua tahun terakhir, almarhum mengidap komplikasi berbagai penyakit.
 
Saat ini, jenazah Yon sedang dalam perjalanan dari Rumah Sakit Medika BSD Tangerang. Rumah duka terletak di Jalan Salak, Pamulang, Tangerang Selatan.
 
Bens menyampaikan, Yon adalah musisi Indonesia yang sangat konsisten dalam bermusik. Almarhum adalah satu-satunya personel yang terus melanjutkan bendera Koes Plus (sebelumnya bernama Koes Bersaudara).
 
Sosok vokalis sekaligus gitaris itu tetap membawa nama besar Koes Plus dengan berkolaborasi bersama sejumlah musisi. Karena itu, berpulangnya Yon yang lahir di Tuban pada 27 September 1940 dinilai sebagai kehilangan besar bagi belantika musik Indonesia.
 
"Spirit berkarya maupun bermusiknya luar biasa. Terus terang setelah tidak ada Mas Yon sulit melanjutkan Koes Plus karena Koes-nya adalah almarhum," ucap Bens.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement