Sabtu 06 Jan 2018 12:16 WIB

Dewa Budjana Kenang Sosok Santai Yon Koeswoyo

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Yudha Manggala P Putra
Dewa Budjana (kanan) dan Ivanka Slank (tengah)
Foto: Republika/Fergi Nadira
Dewa Budjana (kanan) dan Ivanka Slank (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gitaris Indonesia, Dewa Budjana dan Ivanka 'Slank' turut menghadiri pemakaman vokalis band legendaris, Koes Plus, Yon Koeswoyo, Sabtu (6/1) di tempat pemakaman umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta. Keduanya mengakui sosok Yon Koeswoyo sebagai idola yang santai dan apa adanya.

Tidak hanya kehilangan sebagai vokalis dengan lagu-lagu indahnya, Dewa Budjana merasakan kehilangan sosok sahabat. "Saya ketemu satu tahun lalu, saya nyanyi bareng sambil video, saya kaget pas dengar kabar karena mendadak, dan nggak lagi di rumah sakit," kata Dewa Budjana kepada awak media, seusai pemakaman Yon, Sabtu (6/1).

Budjana mengatakan, Yon adalah seorang musisi yang senang berbincang terlebih lagi jika berbicara tentang perjuangan bersama band Koes Plus. "Dia sosok nggak bisa diam. Dulu saya tahu Koes Plus dari koran, tapi pas ketemu dengar langsung, seketika menjadi spirit baru. Tahun '76 '77 nonton Tv ya, Koes Plus, dipikir bisa kenal aja enggak, apalagi nyanyi bareng," ujarnya.

Ivanka juga di masa kecilnya ikut diiringi oleh band Koes Plus. Band Koes Plus menurutnya sangat bersejarah. "Bahkan formasi awal Slank bareng Ridho, Abdee, dan Kaka itu kita satu panggung pertama ya sama Koes Plus. Mudah-mudahan kita punya kesempatan sama bisa berkarier seperti beliau," kata Ivanka.

Sementara itu salah satu penggemar Yon Koeswoyo, Ani (50 tahun) merasakan kesedihan mendalam saat dengar melalui siaran tv, sosok idolanya pergi untuk selamanya. Ia menyempatkan hadir ke tempat peristirahatan terakhir vokalis dengan lagu yang tertanam di dalam jiwanya.

"Dari kecil saya ngikutin om Yon sama Koesplus, juga. Dia orangnya baik sekali. Saya sedih banget. Namanya takdir, sudah ada garisnya masing-masing. Semoga Om Yon tenang di sisi-Nya dan bisa dengan damai di surga-Nya Allah," ujar Ani mengusap air mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement