Sabtu 14 Oct 2017 00:07 WIB

Tersesat di Museum Angkut Malang

Berlibur ke Museum Angkut Malang.
Foto:
Museum Pasar Apung.

Zona 6

Sunda Kelapa dan Batavia. Anda boleh saja berada di Malang, tapi bisa merasakan suasana Sunda Kelapa ala Jakarta Tempo Doeloe. Ada tiruan dari Pelabuhan Batavia, menara syahbandar, dan beraneka angkutan tua kala itu.

Zona 7

Istana Buckingham. Ingin melihat bentuk Istana Buckingham yang tersohor itu? Ada di sini. Anda bisa berfoto langsung dengan patung Ratu Elizabeth dan juga pengawal ratu yang terkenal dengan seragam merah dan topi hitamnya yang menjulang.

Inggris memiliki banyak angkutan elite dan mahal, seperti Rolls Royce, Austin, Mini Cooper, Blackburn, hingga Triumph. Ada juga Land Rover yang pernah digunakan Sang Ratu saat menghadiri sebuah parade di Australia.

Zona 8

Las Vegas. Wow, suasana khas Amrik sangat kental di sini. Gerbang Las Vegas menjadi spot foto paling disukai pengunjung. Las Vegas adalah salah satu kota terpadat di negara bagian Nevada, Amerika Serikat. Las Vegas juga disebut Kota Hiburan Dunia, terutama resor kasinonya yang terkenal.

Zona 9

Hollywood. Pemandangan yang menarik perhatian pengunjung saat masuk ke zona ini adalah sebuah patung giant Hulk yang sedang menginjak mobil. Ada banyak mobil yang sering digunakan dalam film-film Hollywood ditampilkan di sini, salah satunya adalah mobil milik James Bond. Inilah istimewanya Museum Angkut. Konsep ruangan dan penataan kendaraannya menyerupai tempat aslinya.

Zona 10

Pasar Apung. Ini merupakan zona terakhir untuk Museum Angkut, meski sebetulnya ada zona ke-11, yaitu Museum Topeng, namun ini sudah di luar tema. Zona ini berisi angkutan perairan khas bernuansa pasar apung di perairan Kalimantan, seperti Balikpapan.

Belanja

Pengunjung bisa membeli berbagai kerajinan tangan dengan harga terjangkau. Anda sebaiknya mencoba membeli jamu beras kencur dan kunyit asam Bu Roes yang rasanya segar sekali. Ini adalah jamu tradisional khas Malang yang menggunakan resep keluarga turun temurun. Jamu ini bahkan bisa disimpan sampai enam hari di luar kulkas. Jika disimpan di kulkas, daya tahannya bisa mencapai dua bulan.

Museum DTopeng berada di area Pasar Apung ini. Museum yang dibuka 2014 ini didirikan oleh Reno Halsamer, seorang kolektor dari Surabaya. Isinya bukan hanya topeng, tapi juga koleksi kain Nusantara, seperti batik solo dan batik pekalongan, peninggalan sejarah zaman kerajaan di Indonesia tempo doeloe.

Pengunjung bisa menjumpai patung Ganesha, peninggalan Kerajaan Singosari abad ke-13. Ada juga koleksi barong dari tiap daerah, hingga sangkar burung dari Lombok.

Museum DTopeng ini konsepnya unik, dibuat seperti labirin. Pengunjung mendadak akan menjumpai sebuah grup musik keroncong di tengah museum. Anda bisa berhenti sejenak menikmati alunan lagunya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement