Senin 02 Oct 2017 12:54 WIB

Aplikasi Hadirkan Buku Digital Anak Aman dari Konten Negatif

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Tak sempat ke toko buku? Kini membeli buku secara digital bisa jadi pilihan bagi bacaan anak.
Foto: Wikimedia
Tak sempat ke toko buku? Kini membeli buku secara digital bisa jadi pilihan bagi bacaan anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era digital yang dipenuhi dengan perkembangan pesat teknologi, kesempatan anak-anak untuk berkarya serta mengakses informasi melalui berbagai media sungguh besar. Membaca pun menjadi penting untuk meningkatkan pendidikan dan cara berpikir.

Berkat kemajuan teknologi, muncullah buku digital. Hal ini justru mempermudah para orang tua apabila tidak ada waktu berkunjung ke toko buku. Namun, membeli buku untuk anak secara daring juga tidak selalu mudah apalagi yang memiliki konten berkualitas.

Aplikasi toko buku anak-anak pertama di Indonesia, PiBo memberikan kemudahan akses untuk mendapatkan buku sesuai umur dan minat anak. Bahkan, buku anak-anak yang ada di dalam PIBo jauh dari konten negatif.

"Kami melakukan proses kurasi, bukan karena apa tapi biar menghindari konten negatif dan menyesuaikan dengan level umur anak-anak yang ada di Indonesia. Misalnya buku ini cocok untuk umur sekian, dan lain-lain," ujar pendiri aplikasi PiBo, Aisha Habir, beberapa waktu lalu.

Proses kurasi kedua yang dilakukan tim PiBo adalah judul koleksi buku yang dilakukan per tema. "Kami membaginya ke dalam 20 tema yang semuanya sudah dimasukkan ke dalam platform ini," ungkapnya.

Ditujukan untuk anak, buku yang ditawarkan didominasi dengan gambar-gambar ketimbang tulisan. Selain untuk menarik perhatian, buku ini dibuat agar kegiatan membaca terasa menyenangkan buat anak.

"Kita 100 persen aman, tidak hanya menghindari konten SARA dan lain-lain tetapi juga menyesuaikan dengan level umur. Harapannya si anak bisa memilih buku sesuai minat mereka dan karena buku ini on device jadi bisa dibawa ke mana saja," ucap dia.

PIBo saat ini menggandeng beberapa penerbit, segelintir penulis, serta ilustrator independen di Indonesia untuk mempublikasikan karya-karyanya. Aplikasi PIBo bisa diunduh melalui sistem android dan tema yang diangkat sehari-hari lebih edukatid. Salah satunya adalah buku anak 'Hata Suka Durian', 'Pohon Belimbing yang Baik Hati', dan 'Tanganku Tidak untuk Memukul'.

Namun sayang, buku dengan format e-book yang Anda beli hanya bisa dibaca dengan aplikasi khusus dan tidak bisa menggunakan aplikasi e-book reader lain.

Bagi yang masih ingin mengenalkan buku cetak pada anak, beberapa buku dijual dengan bentuk hardcopy. Harganya sedikit lebih tinggi ketimbang e-book, yaitu mulai Rp 65 ribu hingga Rp 120 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement