Senin 25 Sep 2017 08:33 WIB

Destinasi Liburan yang Pas untuk Pemula

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Singapura salah satu lokasi wisata yang digemari turis Indonesia.
Foto: Reuters
Singapura salah satu lokasi wisata yang digemari turis Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencari tiket murah untuk berlibur sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat urban. Tak heran bila perhelatan seperti pameran wisata atau Travel Fair selalu dipenuhi pengunjung. Pengunjung pun bisa dibuat bingung memilih destinasi wisata yang diinginkan.

Travel Blogger Marischka Prudence mengatakan, memang kebanyakan promo berlaku untuk destinasi-destinasi yang umum dan banyak wisawatan datangi. Namun, tidak menutup kemungkinan ada beberapa destinasi yang kurang populer ikut terkena promo yang berlaku.

Jika diperhatikan, destinasi seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, bahkan Amerika Serikat selalu menjadi pilihan penawaran harga promo di Travel Fair. Hanya saja, coba kulik-kulik kembali, terkadang ada beberapa destinasi lain, terutama Travel Fair yang melibatkan maskapai, yang menawarkan harga baik karena pembukaan rute baru.

"Buat yang baru pertama liburan keluar negeri sih memang sebaiknya ke yang dekat-dekat dan non-visa dulu," kata pemiliki akun Instagram @marischkaprue.

Marischka pun menyarankan jika memang pencarian tiket promo dilakukan untuk perjalanan perdana, sebaiknya memilih perjalanan yang sudah merupakan destinasi wisata. Biasanya, di sana lebih siap untuk menerima wisatawan dengan segala kemudahan, seperti transportasi dan makanan.

"Sayang kan kalau sudah beli tiket terus ternyata visanya ditolak karena paspor masih kosong," kata Marischka.

Untuk wisatawan awam yang pertama kali jalan keluar negeri, ia menyarankan melancong ke negara tetangga Indonesia terlebih dahulu atau wilayah Asia. Sebab, jika langsung melancong jauh biasanya terbentur dengan pengurusan visa yang sering dipersulit.

Jika ingin mencoba negara modern, Marischka menyarankan untuk singgah ke Singapura dan Hong Kong. Tapi jika anggaran berwisata cukup terbatas, Thailand menjadi tujuan paling tepat. Negara tersebut taraf hidupnya yang hampir sama dengan Indonesia, sehingga harga akomodasi dan makan pun standar bagi wisatawan serta tempat wisatanya beragam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement